Home » Daging » Resep Soto Betawi Enak Dan Tips Cara Membuatnya

Resep Soto Betawi Enak Dan Tips Cara Membuatnya

Cara Membuat Resep Soto Betawi Daging Asli Beserta Tips dan Cara Mudah Membuatnya. Negara kita, Indonesia memang kaya sekali akan keaneka ragaman budayanya, termasuk juga resep masakan Indonesia. Karena tiap daerah memiliki budaya, adat istiadat dan ciri unik tersendiri, ini juga membuat masing masing daerah di negara kita mempunyai ciri khas dalam resep masakannya. Kita sudah mengetahui bahwa resep soto banyak sekali variasinya tergantung daerah asalnya. Sebut saja soto sulung, soto madura yang kental, soto kudus, soto ayam surabaya dan yang lainnya. Kali ini kita akan memberikan Resep Soto Betawi Asli yang berasal daerah daerah Jakarta dan sekitarnya. Tentu saja, seperti resep dari daerah lainnya, resep masakan betawi ini juga menggunakan bumbu soto betawi spesial dengan bahan bahan yang sedikit berbeda dengan resep lainnya. Mengenai proses pemasakan, cara membuat soto betawi dengan susu ini cukup mudah dan tidak banyak perbedaan dengan proses pembuatan resep masakan soto dari daerah lainnya.

Sebenarnya ada dua macam jenis resep masakan soto dari daerah DKI Jakarta ini, yaitu resep soto ayam betawi dan soto dengan susu yang bahan dasarnya berupa daging yang dicampur dengan sedikit jeroan. Yang paling banyak disukai dan dicari orang orang sih resep soto betawi asli dengan susu dan daging jeroan. Nah, karena menggunakan bahan jeroan, tentu saja buat teman teman penderita asam urat, hypertensi atau tekanan darah tinggi, obesitas dan penyakit lainnya sebaiknya sedikit berhati hati dalam mengkonsumsinya. Kandungan lemak dan kolesterol dalam masakan soto betawi ini memang cukup tinggi. Selain itu bumbu soto betawi yang akan kita buat kali ini juga menggunakan susu yang mengandung lemak tinggi. Tetapi tentu saja kalau kita mengkonsumsinya tidak berlebihan, kandungan gizi dalam resep soto ini cukup banyak dan sangat dibutuhkan juga untuk kebutuhan sehari hari. Solusinya mungkin bisa mengganti bahan susu atau santan yang digunakan dengan susu rendah lemat atau susu low fat atau rendah lemak. Walaupun tetap saja kandungan lemaknya cukup tinggi, tetapi sedikit membantu mengurangi bukan kalau kita menggunakan susu rendah lemak.

Seperti resep soto lainnya, resep masakan betawi ini juga menggunakan berbagai macam bumbu soto dari rempah rempah alam yang bisa kita dapat dengan mudah di sekitar kita. Cuma bedanya, resep masakan soto betawi ini lebih banyak menggunakan rempah rempah sebagai bumbu apabila dibandingkan dengan resep soto ayam atau resep masakan lainnya. Selain itu kuah dari resep soto betawi ini rasanya lebih enak dan gurih. Dari tampilannya saja, kuahnya memang kelihatan lebih kental karena menggunakan santan asli dari perasan parutan kelapa atau susu untuk campuran kuahnya. Apabila teman teman ingin menggunakan susu cair, disarankan untuk menggunakan susu rendah lemak sehingga kandungan lemak dari keseluruhan resep ini bisa sedikit ditekan dan dikurangi.

resep soto betawi asli
resep soto betawi enak bumbu asli

Resep masakan soto betawi yang akan kita buat kali ini hanya akan menggunakan daging sapi. Kalau teman teman pernah mencicipi atau membelinya dari penjual yang ada di mall mall atau tempat lainnya, mungkin menemukan juga jeroan dalam kuah soto betawinya. Memang resep soto betawi asli menggunakan daging sapi yang dicampur dengan sedikit jeroan, seperti usus, babat dan lainnya. Tetapi demi kesehatan dan mengurangi kandungan lemak dan kolesterolnya, kita akan menggunakan daging sapi saja dan dipiliha bagian daging yang kandungan lemaknya rendah. Seperti Resep Masakan Indonesia lainnya yang menggunakan bahan daging sapi segar, daging yang digunakan dalam proses pembuatan resep masakan soto betawi ini juga tidak perlu dicuci. Cukup direbus dengan air mendidihnya saja supaya teksturnya tetap terjaga dan tidak ada akteri lain yang masuk ke dalam daging. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan dan bumbu soto betawi apa saja yang diperlukan dibawah ini ya.

Bahan bahan Resep Soto Betawi Asli Dengan Susu

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi sengkel atau bagian lain yang kandungan lemaknya rendah kurang lebih sebanyak 1 kilogram saja. Kalau suka, bisa dicampur dengan bagian jeroan sapi yang lain seperti babat, usus dan lainnya.
  2. Susu cair rendah lemak kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1.5 liter supaya rasanya lebih gurih dan enak. Bisa diganti dengan susu cair jenis lain atau bisa juga menggunakan santan kelapa cair.
  3. Cengkeh ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4-5 pcs saja.
  4. Serai yang sudah dimemarkan kurang lebih sebanyak 2 batang saja.
  5. Lengkuas yang sudah dimemarkan kurang lebih sebanyak 2 ruas jari saja.
  6. Kapulaga kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  7. Kayu manis ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 pcs saja supaya aromanya lebih nikmat.
  8. Daun bawang segar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Cuci bersih lalu potong potong tipis daun bawangnya.
  9. Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 4-5 lembar saja.
  10. Daun salam kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
  11. Daun seledri segar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci bersih seledri lalu potong potong halus daunnya.
  12. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja. Bisa ditambahkan nanti kalau kurang gurih.
  13. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  14. Kaldu instan rasa daging sapi supaya lebih gurih sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja.
  15. Air kaldu sapi bekas rebusan dagingnya kurang lebih sebanyak 0.6 liter untuk bahan kuah soto betawinya.
  16. Jeruk nipis segar secukupnya. Potong dan belah jeruk untuk bahan tambahan saat penyajian (bahan pelengkap).
  17. Kentang kurang lebih sebanyak 2-3 pcs. Kupas kulitnya lalu iris tipis dan kemudian digoreng sebagai bahan pelengkap saat penyajian (bahan pelengkap).
  18. Beberapa irisan buah tomat merah segar sebagai bahan pelengkap (bahan pelengkap).
  19. Minyak sayur atau margarin secukupnya untuk menumis bumbu soto betawi.

Bahan Bumbu Soto Betawi Enak

  1. Merica butiran kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja. Bisa diganti juga dengan merica bubuk.
  2. Kencur dan jahe kurang lebih masing masing sebanyak 1 ruas jari saja.
  3. Kemiri yang sudah disangrai sebentar kurang lebih sebanyak 5 pcs saja.
  4. Ketumbar yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja.
  5. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja.
  6. Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs saja.
  7. Jintan kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.

Cara membuat Soto Betawi Supaya Empuk dan Enak

  1. Ambil satu panci masak ukuran sedang besar dan beri air secukupnya (sampai semua bagian daging terendam) lalu masak sampai airnya mendidih.
  2. Masukkan daging sapi yang akan digunakan setelah airnya mendidih dan masak sampai 5-7 menit saja.
  3. Saat proses pemasakan diatas akan keluar busa dan kotoran, ambil dan buang. Ini untuk mengganti proses pencuciannya dan menjaga serat daging dan mencegah bakteri masuk ke daging saat proses pencucian.
  4. Angkat dan potong potong daging sapi yang sudah setengah matang diatas sesuai selera atau bentuk dadu.
  5. Buang air di pancinya lalu ganti dengan air baru kurang lebih sebanyak 1 liter dan rebus lagi dagingnya sampai hampir empuk lalu sisihkan.
  6. Haluskan berbagai macam bumbu soto betawi yang sudah disiapkan sebelumnya, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, jintan, merica, ketumbar, kencur dan jahe sampai halus. Sebaiknya dihaluskan dengan tangan atau diuleg supaya aromanya nanti keluar dan baunya lebih harum daripada diblender.
  7. Siapkan wajan dengan api sedang kecil dan beri minyak secukupnya (kurang lebih sebanyak 2 sendok makan).
  8. Masukkan bumbu resep soto yang sudah dihaluskan diatas ke dalam wajan dan aduk aduk tumis bumbu sampai matang. Biasanya tercium bau harum kahs tumisan lalu matikan.
  9. Masukkan bumbu halus soto yang sudah ditumis diatas ke dalam panci yang berisi potongan daging dan sekitar 0.6 liter air kaldu lalu aduk aduk sampai semua bumbu tercampur dengan kuah sotonya.
  10. Masukkan sisa bahannya, seperti batang serai yang sudah dimemarkan, daun jeruk, kapulaga, kayu manis, daun salam, garam beryodium, gula pasir, kaldu instan dan lengkuas yang sudah dimemarkan. Aduk aduk supaya semua bahan benar benar tercampur rata dan masak sampai daging sapinya benar benar empuk.
  11. Setelah daging sapinya empuk, masukkan susu cair rendah lemak atau santannya lalu aduk aduk kembali hingga mendidih.
  12. Jangan lupa cicipi dulu dan tambahkan garam dan gula kalau diperlukan. Masukkan daun seledri dan daun bawangnya lalu angkat.

Selesai sudah cara membuat soto betawi asli dengan susu atau santannya. Memang cukup ribet ya apabila dibandingkan dengan resep soto ayam atau resep masakan soto lainnya. Tetapi kerja keras diatas pasti terbayarkan kalau kita sudah mencicipi resep soto betawi yang sudah kita buat tersebut. Apalagi kalau dinikmati saat cuaca lagi dingin atau saat kita kurang enak badan. Kandungan rempah dan kuah kentalnya dari resep masakan soto betawi ini bisa memberikan tenaga baru lho. Apalagi kalau dinikmati bersama emping, irisan kentang, irisan tomat, kecap manis dan irisan jeruk nipis bersama sepiring nasi putih yang hangat. Untuk ide resep masakaan berkuah lainnya, silahkan mencoba Resep Gulai Sapi Yang Kental atau Cara Membuat Tengkleng Kambing Spesial Dari Solo.

Loading...