Home » Daging » Resep Soto Babat Sapi Empuk Dan Cara Membuatnya

Resep Soto Babat Sapi Empuk Dan Cara Membuatnya

Tips Cara Membuat Resep Soto Babat Sapi Supaya Empuk dan Lezat. Sapi memang salah satu hewan yang multifungsi. Hampir semua bagian dari tubuh hewan ini bisa kita manfaatkan untuk kepentingan manusia. Sebut saja kulitnya, kakinya apalagi dagingnya. Salah satu yang akan kita buat kali ini adalah babat sapi. Ya, bagian tubuh ini mungkin jarang sekali yang menggunakannya untuk membuat resep masakan, tapi kali ini kita akan mengkombinasikannya dengan bumbu soto menjadi soto babat sapi spesial. Dengan menggunakan bumbu soto babat spesial yang terdiri dari rempah rempah alami, resep soto babat atau beef tripe soup ini tidak kalah enak dan lezat lho apabila dibandingakan dengan resep soto betawi, soto jeroan madura atau resep lainnya. Untuk kali ini, kita akan membuat versi biasa, tetapi kalau mau, teman teman juga bisa membuat soto babat santan yang kuahnya lebih kental.

Perhatian : Buat teman teman yang menderita darah tinggi, asam urat, kolesterol dan lainnya sebaiknya sedikit berhati hati untuk mengkonsumsi soto jerian babat ini dalam jumlah banyak.

Babat sapi termasuk dari salah satu bagian jeroan sapi yang banyak mengandung kandungan gizi dan lemak. Buat teman teman yang belum terbiasa menyantapnya, melihat bentuk babat sapi mentah mungkin sedikit membuat geli. Ya, babat yang berasal dari bagian lambung tubuh sapi ini memang bentuknya mirip seperti handuk dengan warna sedikit gelap dan kelihatan tebal. Untuk itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan supaya resep soto babat sapi yang akan kita buat nanti hasilnya sempurna dan empuk. Kalau cara membuat soto babatnya benar, resep soto babat sapi ini rasanya tidak kalah kok dengan resep soto lain. Apabila kalau kita menggunakan bumbu soto babat yang lengkap, walaupun tanpa santan kuah sotonya tetap kental dan nikmat. Selain itu proses pencucian babat yang akan kita gunakan untuk membuat soto babat betawinya harus benar benar diperhatikan supaya nanti hasilnya tidak pahit dan babatnya kelihatan bersih sehingga tidak membuat kita geli.

Kalau dibandingkan dengan penjual soto jenis lainnya seperti , kedai soto babat ini memang lebih sedikit dan tidak mudah kita temukan. Kebanyakan kita menemukan penjual soto ayam, resep soto daging, soto sulung ataupun yang lainnya. Oleh karena itu, kalau kita bisa membuat sendiri soto babat sapi di rumah, tentu saja kita tidak perlu bingung mencari penjualnya karena kita bisa membuat Resep Soto Babat sendiri. Kendala buat kebanyakan orang mungkin pengolahan babat sapinya. Ya, memang tidak semua babat yang dijual di pasar bersih. Seringkali kita temukan yang masih asli berwarna kehijauan dan perlu proses pencucian yang benar supaya siap untuk digunakan.

Karena babat sapi berasal dari bagian dalam sapi atau jeroan, teksturnya memang tidak seempuk daging sapi. Untuk itu supaya menghemat waktu, cara membuat soto babat sapi sebaiknya menggunakan panci bertekanan tinggi atau pressure cooker supaya cepat empuk. Seperti resep jeroan sapi lainnya, bumbu soto babat ini juga banyak menggunakan rempah alami. Selain memberikan cita rasa yang khas, rempah rempah tersebut juga membantu menghilangkan bau khas jeroan yang biasanya masih menempel. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan dan bumbu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat resep soto babat sapi dibawah ini.

Resep soto babat Sapi
Resep soto babat sapi spesial

Bahan bahan Resep Soto Babat Sapi Istimewa

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah babat sapi kualitas bagus kurang lebih sebanyak 3/4 kg. Cuci bersih babat dengan air mengalir (cara mencuci lihat dibawah).
  2. Serai ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih dan ambil bagian putihnya saja lalu memarkan supaya aromanya keluar.
  3. Daun jeruk purut yang masih segar kurang lebih sebanyak 4-5 pcs saja. 2 pcs untuk bahan tambahan merebus babat sapinya supaya tidak bau amis.
  4. Daun salam kurang lebih sebanyak 3-4 pcs saja. 2 pcs daun salam digunakan untuk bahan tambahan merebus babat sapinya supaya tidak bau.
  5. Daun bawang segar kurang lebih sebanyak 2-3 batang. Cuci bersih lalu iris iris sesuai selera.
  6. Daun bawang segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1-2 batang. Cuci bersih daun bawangnya lalu iris iris kecil (kurang lebih sepanjang 1 cm saja).
  7. Air bersih untuk merebus babat sapinya secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1.1 liter.
  8. Minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu soto babat atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  9. Tauge matang yang sudah diseduh dengan air panas secukupnya untuk bahan pelengkap saat dihidangkan (bahan pelengkap).
  10. Daun seledri segar yang sudah diiris iris secukupnya untuk bahan taburan (bahan pelengkap).
  11. Bawang goreng secukupnya untuk bahan taburan (bahan pelengkap).
  12. Buah tomat segar yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian (bahan pelengkap).
  13. Jeruk nipis beberapa potong (bahan pelengkap).

Bahan Bumbu Soto Babat Asli Daging Sapi

  1. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5-6 pcs.
  2. Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  3. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.
  4. Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
  5. Merica butiran yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 1 sendok teh. Bisa diganti juga dengan merica bubuk sesuai selera.
  6. Kunyit kurang lebih sepanjang 2 cm saja.

Cara Membuat Soto Babat Daging Sapi

  1. Langkah pertama adalah mencuci babat sapi yang akan digunakan. Prosesnya dengan merebus babat dengan air mendidih sampai kotorannya keluar. Tambahkan juga daun salam supaya baunya berkurang. Kalau masih kotor bisa disikat dengan dialiri air mengalir sampai benar benar bersih. Kalau babat yang teman teman beli sudah bersih silahkan langsung menuju ke langkah kedua.
  2. Siapkan panci bertekanan tinggi atau pressure cooker) dengan api sedang dan beri air bersih secukupnya. Rebus sampai airnya mendidih.
  3. Masukkan babat yang udah bersih, daun salam dan 2 lembar daun jeruk supaya bau khas nya hilang. Masak sampai babatnya empuk atau kurang lebih selama 30 menit (sampai terdengar bunyi dari pancinya). Kalau tidak ada panci tekanan tinggi, bisa juga memakai panci biasa dan tutup selama proses prebusannya (butuh waktu lebih lama, sekitar 1 jam).
  4. Angkat babatnya lalu potong potong kecil sesuai selera.
  5. Haluskan dan uleg bumbu soto babatnya, seperti kemiri, jahe, kunyit, merica, bawang putih dan beri garamnya sampai halus.
  6. Siapkan penggorengan ukuran agak besar dengan api sedang kecil dan tuang minyak sayur secukupnya.
  7. Masukkan bumbu soto yang sudah dihaluskan diatas, daun salam, daun jeruk, batang serai yang sudah dimemarkan, dan daun bawang yangs udah diiris iris lalu aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisannya.
  8. Masukkan babat sapi yangs udah direbus dan dipotong potong sebelumnya ke dalam penggorengan diatas lalu aduk audk kembali sampai bumbunya meresap dan tercium bau harum babatnya.
  9. Masukkan air bersih ke dalam penggorengan diatas secukupnya (kurang lebih sebanyak 1.3 liter) lalu aduk aduk kembali sampai mendidih dan babat sapinya benar benar benar empuk dan bumbu meresap ke dalamnya.
  10. Tambahkan garam dapur beryodium dan gula pasir kalau diperlukan kemudian aduk aduk kembali dan matikan apinya.
  11. Siapkan mangkok dan tuang soto babat diatas dengan diberi tambahan bahan pelengkap lainnya, seperti tomat, tauge matang, daun seledri, soon dan lainnya.

Selesai sudah resep soto babat diatas. Ternyata cukup mudah bukan cara membuat soto diatas. Memang untuk memasak resep masakan ini sedikit lebih lama daripada yang lain. Tetapi pasti terbayar kok dengan cita rasa soto dengan babat ini yang rasanya cukup gurih dan lezat. Untuk teman teman yang suka dengan kuah yang kental, kita bisa membuat resep soto babat santan dengan mengganti air yang digunakan dengan santai kelapa. Untuk ide resep masakan Indonesia spesial yang lain, silahkan mencoba Resep Soto Betawi Spesial atau Soto Spesial Banjar yang tidak kalah enaknya.

Loading...