Home » Daging » 5 Resep Sate Maranggi Empuk Bumbu Asli Purwakarta Cianjur Sunda

5 Resep Sate Maranggi Empuk Bumbu Asli Purwakarta Cianjur Sunda

5 Kumpulan Resep Sate Maranggi Empuk Khas Purwakarta dan Cianjur Dengan Daging Sapi, Kambing dan Ayam. Lengkap dengan cara membuat bumbu sate maranggi asli khas Sunda. Serta cara membuat sambal oncom dan sambal kecap spesial yang mengundang selera.

Sate Maranggi adalah salah satu resep masakan daging sapi dean kambing yang dibakar atau dipanggang dengan bumbu khas Sunda. Jenis masakan sate ini banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, terutama kota Purwakarta dan Cianjur yang memang terkenal akan kelezatan masakan tersebut. Berbeda dengan jenis sate madura, sate solo, sate padang ataupun lainnya, daging sapi yang sudah dipotong di rendam di dalam bumbu sate maranggi sampai meresap sempurna. Karena proses perendaman inilah yang membuat citarasa resep sate maranggi ini unik dan terasa lezat sampai didalam dagingnya. Apalagi kalu menggunakan bumbu sate maranggi khas Purwakarta dan Cianjur.

Selain cara membuat sate maranggi yang berbeda, citarasa yang muncul juga berbeda, yaitu tidak hanya gurih daging plus ketumbar dan manisnya kecap tetapi juga pedas dan asam. Bumbu sate maranggi ini memang berbeda dengan resep sate daging sapi atau resep sate kambing yang dijual di daerah lain. Selain itu ada perbedaan yang bisa dibilan unik dan menarik. Yang paling unik masyarakat sekitar menikmatinya tidak hanya dengan nasi atau lontong, tetapi juga menggunakan uli bakar dan ketan lho.

Loading...

Ciri Khas Resep Sate Maranggi

Kalau dilihat sekilas memang aneka resep masakan sate dari berbagai daerah di negara kita ini mirip dan tidak berbeda jauh. Padahal kalau ditelusuri lebih dalam, masing masing resep tersebut mempunyai ciri kahs tersendiri. Contohnya sate tegal yang terbuat dari kambing muda, sate solo dengan ciri khas sambal dan olesan kecapnya. Begitu juga dengan resep sate maranggi khas Purwakarta dan Cianjur ini.

Perbedaan yang paling terlihat dari sate khas daerah Jawa Barat ini tentunya adalah citarasanya. Citarasa dri daging yang dipanggang atau dibakarnya terasa begitu lembut dan lezat. Memang berbeda dengan lainnya, bumbu sate maranggi memang lebih meresap dan direndam lebih lama bersama dagingnya. Berbeda dengan yang lainnya yang biasanya hanya direndam sesaat sebelum daging sapi, ayam atau kambing nya dibakar. Selain itu citarasa asam khas asam jawa yang digunakan untuk bumbunya memang terasa lebih nikmat dan unik.

Perbedaan Sate Maranggi Purwakarta dan Cianjur

Namanya sih sebenarnya sama, tetapi ternyata resep sate maranggi cianjur dan purwakarta berbeda lho. Meskipun sekilas kalau dilihat dari satenya itu sendiri tidak berbeda tetapi sebenarnya kedua resep masakan sate khas Jawa Barat ini berbeda. Yang paling kelihatan tentu saja waktu penyajiannya. Yang di daerah Purwakarta biasanya hanya disajikan dengan sambal kecap tomat dan pilihan bumbu kacang. Sedangkan kalau teman teman mencicipi hidangan khas Cianjur ini biasanya disajikan dengan sambal oncom yang khas.

Selain itu yang Cianjur juga penyajiannya berbeda karena menggunakan ketan atau uli bakar. Kalau di Purwakarta selain daging sapi kita bisa menemukan sate maranggi kambing. Sedangkan kalau di Cianjur hanya tersedia resep sati maranggi sapi tanpa ada pilihan daging kambing. Penasaran bagaimana lezatnya bumbu maranggi dipadu dengan aroma bakaran daging sapi, kambing atau ayam? Simak aneka bumbu, bahan dan acara membuat sate maranggi spesial dibawah ini ya.

1. Resep Sate Maranggi Purwakarta Asli

Walaupun di daerah cikampek, cianjur dan daerah sekitarnya banyak juga ditemukan penjual sate ini. Tetapi yang paling terkenal dan teringat tentu saja Purwakarta. Resep sate maranggi Purwakarta memang terkenal bahkan sampai seluruh Indonesia. Tidak lengkap rasanya memang mampir di daerah tersebut tanpa mencicipi kelezatan resep masakan daging sapi ini. Apalagi kalau dinikmati bersama dengan acar dan sambal kecapnya (resep dibawah). Buat yang jauh dan rindu akan masakan ini, silahkan melihat bumbu dan cara membuat sate maranggi khas Purwakarta dibawah ini.

resep sate maranggi purwakarta
bumbu sate maranggi purwakarta asli

Bahan Sate :

  • Bahan utama adalah daging sapi bagian tenderloin atau has dalam kurang lebih sebanyak 1/2 kg.
  • Kalau suka bisa ditambah sedikit juga lemak sapi secukupnya di tengah tengah tusukan satenya nanti.
  • Kecap manis kental kualitas bagus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 5 sampai 6 sendok makan.
  • Air asam jawa yang kental secukupnya atau kurang lebih sebanyak 3 sendok makan.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Tusuk sate secukupnya sesuai kebutuhan.

Bahan Bumbu Sate Maranggi Purwakarta

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Lengkuas muda ukuran sedan kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  • Kencur ukuran sedang kurang lebih sepanjang 2 cm juga.
  • Ketumbar secukupnya atau kuran lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Merica butiran secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil.
  • Buah cabai besar kurang lebih sebanyak 1 pcs, cuci bersih lalu belah dan keluarkan biji cabainya.
  • Jahe ukuran sedang sedikit saja atau kurang lebih sebanyak sepanjang 1 cm saja.

Cara Membuat Sate Maranggi

  1. Pertama siapkan daging sapinya lalu potong potong bentuk kotak sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1.5 cm saja lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya kita akan membuat bumbu untuk marinasi dan merendam daging diatas.
  3. Haluskan dan uleg bawang merah, putih, jahe, lengkuas, kencur dan bumbu maranggi lainnya sampai halus.
  4. Ambil wadah kemudian masukkan bumbu tadi bersama kecap manis dan air asamnya lalu aduk aduk sampai benar benar tercampur sempurna.
  5. Masukkan potongan daging tadi kemudian aduk aduk sampai tercampur rata.
  6. Diamkan dan masukkan kedalam lemari pendingan supaya bumbu sate purwakartanya meresap kurang lebih selama 30 menit sampai 120 menit.
  7. Setelah meresap masukkan kedalam tusukan sate dan tata dengan rapi sampai habis.
  8. Siapkan bakaran arang atau juga bisa menggunakan grill diatas kompor.
  9. Bakar sampai sesekali dibalik dan diolesi dengan sisa bumbu marinasi tadi sampai matang.
  10. Ulangi sampai habis dan siap untuk disajikan bersama dengan sambal kecapnya.

2. Resep Sate Maranggi Kambing

Selain menggunakan sapi, kita juga bisa menggunakan aneka bumbu sate maranggi diatas dengan daging kambing lho. Kareteristik daging kambing yang gurih memang pas sekali kalau dicampur dengan dibakar bersama dengan bumbu sate khas Sunda tersebut. Tetapi karena memang daging kambing ini beda dengan sapi, maka sebelum dicelupkan dan dimarinasi dengan bumbunya harus diolah dahulu. Setelah dipotong potong kotak, teman teman bisa membungkusnya dengan daun pepaya dahulu supaya nanti empuk daging satenya. Untuk bumbunya bisa disamakan dengan daging sapi diatas.

maranggi kambing spesial
maranggi kambing empuk

3. Resep Sate Maranggi Cianjur

Kalau dilihat sekilas di satenya, kedua resep sate maranggi khas Purwakarta dan Cianjur memang tidak ada bedanya. Tetapi kalau dirasakan memang jelas terasa bumbu sate maranggi Cianjur lebih terasa aroma ketumbarnya. Selain itu rata rata penjual di daerah cianjur hanya menyajikan daging sapi tanpa ada pilihan daging kambing seperti yang di daerah Purwakarta.

Bahan :

  • Bahan utama adalah daging sapi tenderloin atau has dalam yang sudah dipotong kotak kotak kecil kurang lebih sebanyak 300 gram.
  • Lemak sapi atau gajih kalau suka supaya lebih gurih dqan harum yang sudah dipotong kotak juga kurang lebih sebanyak 100 sampai 150 gram.
  • Ketumbar halus kurang lebih sebanyak 1.5 sendok makan.
  • Gula merah yang sudah disisir sampai halus sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Kecap kental manis kualitas bagus secukupnya atau kurang lebih sebanyak 3 sendok makan.
  • Minyak goreng baru secukupnya sesuai kebutuhan.

Cara Masak Sate Maranggi Khas Cianjur

  1. Pertama ambil wadah kemudian masukkan gula merah, ketumbar halus dan garam dapurnya lalu aduk aduk sampai rata.
  2. Masukkan minyak goreng atau margarain cair kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil bersama dengan kecap manis lalu aduk aduk sampai tercampur rata.
  3. Masukkan potongan daging sapi dan lemak sapi kalau pakai kemudian aduk aduk di campuran bumbu tadi sampai merata.
  4. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan supaya meresap minimal selama 30 menit.
  5. Keluarkan kemudian masukkan potongan dagong dan gajih tadi kedalam tususkan sate sampai habis.
  6. Siapkan bakaran kemudian bakar sate diatas sambil sesekali dibalik dan diolesi dengan sisa bumbunya.
  7. Setelah matang siap disajikan bersama dengan sambal oncom (resep dibawah) untuk hidangan bersama keluarga.

4. Resep Sate Maranggi Ayam Sederhana

Umumnya memang oran mengenal sate maranggi ini dibuat menggunakan daging sapi atau daging kambing. Padahal kelezatan khas bumbu sate maranggi bisa kita buat juga lho menggunakan daging ayam. Sama seperti resep sate ayam dan resep sate taichan yang juga populer. Cara membuat sate maranggi ayam ini gak beda jauh kok dengan yang versi daging sapi atau sate kambing. Bahkan teman teman juga bisa menggunakan bumbu diatas untuk membuat sate ayam khas Purwakarta ini.

sate maranggi ayam spesial
bumbu sate maranggi ayam

Tetapi selain bumbu diatas itu teman teman juga bisa menggunakan bumbu resep sate maranggi yang lebih sederhana. Paling ada bumbu yang sedikit dikurangi disesuaikan dengan selera dan kareteristik daging ayam yang memang lebih lembut daripada daging hewan berkaki empat lainnya.

Bahan Yang Dibutuhkan :

  • Bahan pertama adalah daging ayam segar bagian dada yang sudah dipotong kotak kotak sedang kurang lebih sebanyak 1/2 kg.
  • Tusuk sate secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Mentega atau margarin secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Kecap manis secukupnya untuk bahan olesan nantinya.

Bahan Bumbu Maranggi Ayam

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 10 pcs.
  • Kemiri secukupnya atau kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Madu kualitas bagus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  • Ketumbar secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sepanjang 1 ruas jari dewasa.
  • Kecap manis kental secukupnya sesuai selera.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.

Cara bikin sate maranggi ayam

  1. Pertama haluskan dan uleg bawang putih, merah, merica, lengkuas, kemiri, ketumbar dan garam dapur beryodium sampai halus.
  2. Masukkan madu kurang lebih sebanyak 2 sendok dan kecap manis secukupnya kedalam bumbu diatas lalu aduk aduk sampai rata.
  3. Masukkan potongan dada ayam kemudian aduk aduk sampai tercampur rata.
  4. Masukkan ayam yang dibumbuin tadi kedalam lemari kulkas dan biarkan sampai meresap kedalamnya. Lebih lama lebih bagus tetapi minimal sekitar 60 menit sudah enak.
  5. Ambil tusuk sate lalu masukkan potongan daging ayam tadi dan tata dengan rapi sampai habis.
  6. Tuang di wadah atau piring margarin dan kecap manis secukupnya lalu aduk aduk sampai rata untuk olesan.
  7. Siapkan bakarannya kemudian olesi dengan bahan olesan diatas dan bolak balik sampai matang merata.
  8. Ulangi sampai habis dan siap untuk disajikan bersama sambalnya.

5. Resep Acar Tomat

Salah satu ciri khas dari resep sate maranggi Purwakarta adalah acar tomatnya. Ya berbeda dengan acar biasa yang terbuat dari ketimun, acar ini terbuat dari potongan tomat. Tomat tersebut dicampur dengan cuka, cabai dan ditambah sedikit garam dan gula sebagai pelengkap.

Bahan :
  • Tomat segar ukuran besar kurang lebih sebanyak 1 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Buah cabai rawit secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4 sampai 6 pcs.
  • Cuka makan secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera masing masing.

Cara membuat acar tomat :

  1. Pertama cuci bersih tomat dan buah cabai yang akan digunakan.
  2. Selanjutnya iris iris dan potong bawang merah, buah cabai dan tomat sampai habis.
  3. Masukkan cuka makan bersama dengan gula pasir dan garam dapur secukupnya sesuai selera.
  4. Aduk aduk sampai rata lalu masukkan di lemari kulkas beberapa saat dan siap untuk digunakan.

6. Resep Sambal Oncom

Buat masyarakat Cianjur memang kurang pas kalau menikmati sate sapi ini tanpa dicampur dengan sambal oncom yang pedas. Perpaduan oncom yang sudah mengalami proses fermentasi dengan bumbu sambal yang unik memberikan citarasa yang luar biasa. Apalagi dinikmati bersama dengan resep sate maranggi yang mempunyai citarasa manis dan gurih alami.

sambal oncom cianjur
sambal oncom asli

Bahan :

  • Oncom yang sudah dibakar dan diuleg sampai halus kurang lebih sebanyak 300 gram saja.
  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 750 ml.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Buah cabai merah keriting sesuai pedas yang diinginkan atau kurang lebih sebanyak 5 sampai 6 pcs.
  • Buah cabai rawit merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3 sampai 5 pcs.
  • Kencur kurang lebih sebanyak 6 cm saja.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 cm saja.
  • Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih 0.5 sendok kecil saja.

Cara membuat sambal oncom

  1. Pertama uleg dan haluskan bawang merah, cabai, kencur, jahe dan beri gula pasir dan garam sampai halus.
  2. Siapkan panci dan tuang airnya lalu masak sampai mendidih.
  3. Masukkan bumbu oncom tadi lalu aduk aduk kembali sampai mendidih.
  4. Masukkan oncom yang sudah dihaluskan sebelumnya lalu aduk aduk kembali sampai rata dan mengental.
  5. Tes rasa kalau sudah pas siap disajikan bersama sate maranggi khas Cianjurnya.

7. Cara membuat sambal kecap

Sambal kecap merupakan salah satu pelengkap sate daging sapi atau kambing khas Purwakarta ini. Berbeda dengan sambal kecap di sate lainnya, sambal kecap yang ini menggunakan bawang putih dan merica yang sudah digoreng. Bahan yang dibutuhkan adalah bawang putih goreng kurang lebih 1 pcs, merica goreng kurang lebih sebanyak 7 pcs dan cabai rawit secukupnya atau kurang lebih 3 sampai 5 pcs. Uleh bahan bahan tadi sampai halus lalu beri kecap manis secukupnya dan aduk kembali sampai rata.

Cukup lengkap bukan aneka resep sate maranggi khas Purwakarta dan Cianjur diatas. Kalau suka yang praktis, bumbu sate maranggi Purwakarta lebih praktis. Tetapi kalau cari makanan yang unik, tentu sate maranggi Cianjur lebih menantang untuk dicoba. Apalagi sambal oncomnya yang mengundang selera. Untuk ide resep masakan untuk menghadapi lebaran kurban atau Idul Adha lainnya, silahkan mencoba resep rendang daging atau resep tongseng kambing spesial kami. Selamat mencoba dan jangan lupa share dan bagi resep maranggi tadi di akun Facebook, Twitter atau Google Plus teman teman ya.

Loading...

About ipenk

Admin adalan seorang ayah dan suami yang mempunyai hobi menulis dan senang mencoba berbagai macam resep masakan untuk keluarga di rumah di sela sela waktu senggang. Resep merupakan hasil kreasi dan sudah diuji di dapur dan sebagian merupakan resep teman teman blogger yang bergelut di bidang kuliner dan sudah teruji. Buat teman teman yang ingin berbagi resep andalan keluarga bisa mengirimkan kepada kami melalui halaman kontak yang ada di website Resep Masakan Indonesia dan Facebook. Akhir kata selamat berkreasi di dapur dan semoga mendapatkan wawasan baru mengenai keaneka ragaman kuliner Indonesia.