Home » Daging » Resep Rendang Kering Serundeng Padang Hitam dan Cara Membuatnya

Resep Rendang Kering Serundeng Padang Hitam dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Resep Rendang Kering Bumbu Padang Dengan Serundengnya. Siapa yang tidak kenal dengan resep rendang padang. Masakan berbahan dasar daging sapi ini memang sangat populer, bahkan sampai di manca negara. Resep daging rendang ini kalau memasaknya dengan benar memang mempunyai daya tahan beberapa hari lho. Nah kali ini kita akan memberikan resep rendang daging sapi yang sedikit berbeda, yaitu resep rendang kering asli Padang. Seperti juga resep masakan Padang lainnya, rendang daging kering hitam ini juga menggunakan resep bumbu rendang kering dari berbagai macam rempah sehingga rasanya sangat enak sampai di dalam dagingnya. Karena teksturnya tidak basah, resep rendang daging kering tahan lama sehingga bisa dengan mudah disimpan sebagai stok masakan di rumah. Selain itu cara membuat rendang kering daging asli Padang ini juga mudah dan sederhana lho.

Kota Padang memang terkenal akan keaneka ragaman dan kelezatan resep masakannya. Sebut saja sate padang, rendang basah, rendang kering, balado dan lainnya. Kalau kebutulan kita lagi punya stok daging sapi yang banyak dan bosan dengan resep daging padang yang biasanya, resep rendang kering bumbu Padang Asli dengan serundeng ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menu masakan sehari-hari di rumah. Resep bumbu rendang kering Padang ini juga lebih sederhana dan mudah apabila dibandingkan dengan resep rendang daging basah yang biasanya. Walaupun begitu, kalau masalah rasa kedua resep rendang ini sama-sama nikmat dan lezat. Apalagi kalau disajikan bersama dengan nasi putih hangat yang masih mengepul asapnya dan dinikmati bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya.

Untuk membuat resep rendang kering tahan lama sehingga bisa disimpan atau sebagai bekal perjalanan, kuncinya adalah bumbu rendang yang dimasak bersama dengan dagingnya harus benar-benar kering. Semakin kering bumbunya maka biasanya semakin tahan lama untuk disimpan di toples atau wadah kedap udara yang lainnya. Walaupun begitu, sesekali tetap saja kita harus memanasi resep masakan rendang Padang tersebut. Tidak perlu pakai minyak, cukup disangrai dengan api kecil atau bisa memakai sedikit minyak saja. Selain disimpan, resep rendang padang hitam kering ini pas sekali untuk teman perjalanan dan lebih praktis daripada kita membawa bekal rendang basah yang biasanya bukan.

Resep rendang Padang kering ini memang kalah populer apabila dibandingkan dengan resep rendang Padang basah yang biasanya. Padahal cara membuat rendang kering hitam ini lebih praktis lho. Bumbu rendang kering juga lebih sederhana dibandingkan dengan resep daging rendang biasanya. Tetapi memang waktu yang dibutuhkan untuk cara buat rendang ini lebih lama dari biasanya. Hal ini supaya masakan daging yang kita buat ini kadar airnya sedikit dan bisa tahan lebih lama kalau disimpan. Kalau masalah rasa, rendang kering serundeng ini juga tidak kalah nikmat kok. Apalagi dengan serundeng yang krispi dan renyah, pasti anak-anak lebih lahap kalau makan dengan lauk ini. Untuk lebih jelasnya, bumbu rendang kering dan cara buat rendang ada dibawah ya. (image credit cookpad)

Resep Rendang Kering Spesial
Resep rendang kering padang

Bahan-bahan Resep Rendang Kering Hitam Tahan Lama

  1. Seperti resep rendang lainnya, bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi segar kurang lebih sebanyak 1/2 kg saja. Pilih daging yang bebas lemak kemudian cuci dengan air hangat dan potong-potong kotak sesuai selera.
  2. Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sepanjang 5 cm saja. Cuci bersih kemudian memarkan sebelum dimasak.
  3. Batang serai yang sudah dicuci bersih kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Memarkan sebelum dicampur dengan bahan lain.
  4. Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 4-5 pcs saja.
  5. Gula merah kualitas bagus yang sudah disisir secukupnya sesuai selera.
  6. Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  7. Kelapa yang sudah diparut kurang lebih sebanyak 1 buah saja. Peras sehingga menghasilkan 1/2 liter santan encer dan 1/2 liter santan kental.
  8. Parutan kelapa sisa membuat santan diatas secukupnya untuk bahan serundeng keringnya.
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu rendangnya.

Bahan Bumbu Rendang Kering Padang

  1. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 15 pcs saja. Kupas kulit bawang putihnya sebelum diuleg.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8-9 pcs saja. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan.
  3. Jahe yang sudah dibakar sebentar sebelumnya kurang lebih sepanjang 3 cm saja.
  4. Ketumbar kurang lebih sebanyak 3-5 sendok makan atau sesuai selera.
  5. Buah cabai rawit dan cabai merah secukupnya sesuai selera.
  6. Kemiri kurang lebih sebanyak 4-5 pcs saja. Sangrai sebentar supaya lebih harum aromanya nanti.
  7. Lada halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  8. Gula merah secukupnya sesuai selera.
  9. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera (bisa ditambahkan nanti saat memasaknya).

Cara Membuat Rendang Kering Daging Sapi Serundeng Khas Padang

  1. Langkah pertama haluskan dan uleg bumbu rendang kering diatas, seperti bawang putih, bawang merah, jahe, ketumbar, lada, gula merah, cabai, kemiri dan beri garam secukupnya sampai benar-benar halus.
  2. Siapkan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbunya.
  3. Masukkan bumbu rendang yang sudah dihaluskan diatas ke dalam penggorengan kemudian aduk-aduk sebentar.
  4. Masukkan batang serai dan lengkuas yang sudah dimemarkan bersama dengan daun jeruk dan salam ke dalam wajan kemudian aduk-aduk kembali sampai tercium bau harum khas tumisannya.
  5. Tuang 1/2 liter santan kentalnya kedalam wajan kemudian aduk-aduk kembali sampai santannya mendidih.
  6. Kecilkan api wajan penggorengannya kemudian masukkan daging sapi yang sudah dipotong dan kemudian aduk-aduk kembali sampai dagingnya empuk atau kurang lebih 80 menit sampai 90 menit. Jangan lupa harus dijaga dan sering diaduk supaya tidak pecah santannya.
  7. Setelah dagingnya empuk dan santannya berkurang, masukkan santan cair bersama dengan gula merah yang sudah disisir secukupnya dan parutan kelapanya.
  8. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan benar-benar tercampur rata dan berkurang santannya.
  9. Tes rasa dan tambahkan garam dapur kalau diperlukan kemudian aduk-aduk kembali sampai santannya mengering dan masakannya berwarna hitam.
  10. Setelah bumbu rendang dagingnya benar-benar kering dan berwarna hitam bisa diangkat dan sajikan atau simpan setelah agak dingin.

Selesai sudah cara buat rendang kering hitam dengan bumbu khas Padangnya. Walaupun mungkin membutuhkan waktu yang lumayan lebih lama apabilan dibandingkan dengan resep rendang daging basah, tetapi hasil akhirnya benar-benar enak dan menggoda selera lho. Tekstur resep rendang kering serundeng ini cukup kering sehingga bisa disimpan sebagai stok persediaan makanan sehari-hari di rumah. Kalau ingin menggunakannya di lain hari, teman-teman cukup menghangatkan dengan cara disangrai tanpa minyak saja. Untuk ide resep masakan Indonesia lainnya, silahkan mencoba Resep Dendeng Balado Bumbu Spesial atau Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan Yang Enak dan Lezat.

loading...

One comment

  1. terimakasih banget nih resep rendangpadangnya… saya sangat tertarik untuk mencobany

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *