Home » Kue » Resep Mochi Kue Jepang Enak Kenyal Dan Cara Membuatnya

Resep Mochi Kue Jepang Enak Kenyal Dan Cara Membuatnya

Cara Mudah Membuat Resep Mochi Kacang Tanah, Strawbery, Coklat Yang Empuk, Kenyal dan Enak. Ada banyak sekali variasi resep kue yang bisa kita buat sendiri dengan mudah di rumah. Mulai dari kue basah tradisional ataupun kue dari luar Indonesia yang ternyata juga cocok dengan lidah kita. Salah satu resep tersebut adalah moci atau mochi. Ya, dari namanya sudah kelihatan bukan kalau kue yang enak, lembut dan kenyal ini memang berasal dari Jepang. Walaupun tidak berasal dari negara kita, resep kue mochi ini ternyata sangat mudah lho cara membuatnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep mochi ini juga dengan mudah kita dapatkan di warung-warung atau toko sekitar rumah. Bahkan bisa dibilang cara membuat mochi ini lebih mudah daripada banyak resep makanan dari luar negeri lainnya. Ada banyak variasi yang bisa dengan mudah kita buat, seperti mochi kacang tanah, mochi coklat, kacang hijau dan yang lainnya.

Di negera asalnya, kue mochi ini pada mulanya digunakan sebagai hidangan spesial di tahun baru. Bahkan ada yang menyebutnya hidangan para dewa karena keunikan dan keistimewaannya. Tetapi untuk saat ini, moci ini sudah menjadi makanan cemilan yang dengan mudah ditemukan di negara Sakura tersebut. Bahkan dibeberapa tempat di mall-mall negara kita pun kadangkala kita melihat resep mochi yang sudah jadi dalam bentuk kue siap makan. Untuk lebih praktisnya kan lebih baik kita membuat resep kue mochi ini sendiri di rumah bukan. Apalagi cara membuat mochi ini juga sangat mudah dan praktis.

Kalau melihat dari bentuk dan teksturnya, resep mochi ini sekilas mirip sekali dengan resep klepon yang sudah pernah kita berikan sebelumnya. Bahan-bahan yang dibutuhkannya memang mirip, cuma perbedaannya kulit luar klepon dibalut dengan parutan kelapa sedangkan resep kue mochi ini menggunakan campuran tepung maizena dan sedikit gula yang disangrai sebelumnya sehingga sedikit lebih manis. Untuk isiannya sendiri bisa kita sesuaikan dengan selera kita. Bisa menggunakan kacang tanah (seperti bakpo), selain coklat, selai kacang, kacang hijau ataupun keju.

Untuk cara membuat mochi juga tidak berbeda jauh dengan cara membuat klepon. Di resep mochi ini teman-teman bisa menggunakan berbagai macam warna-warna yang cantik untuk menambah selera. Jadi didalam satu resep kita bisa menggunakan berbagai macam warna. Tinggal adonan mochi yang sudah jadi dipisahkan menjadi beberapa bagian, kemudian dicampur dengan pewarna makanan atau perisai makanan kesukaan kita. Isian kue ini dimasukkan setelah adonannya matang, jadi bahan isiannya yang dimasukkan harus sudah benar-benar siap santap ya. Untuk lebih jelasnya silahkan melihat bahan-bahan resep kue mochi dibawah ini.

Resep Mochi Enak
Resep Mochi Khas Jepang

Bahan-bahan Resep Mochi Spesial Khas Jepang

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung ketan yang sudah diayak sebelumnya sampai halus kurang lebih sebanyak 150 gram saja. Gunakan tepung ketan yang bagus dan tidak apek. Untuk merek bisa menggunakan rosebrand ataupun jenis lainnya.
  2. Tepung maizena kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  3. Gula pasir kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  4. Tepung beras kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  5. Pewarna makanan yang aman secukupnya. Jumlah warna sesuaikan dengan selera masing-masing.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil saja.
  7. Air bersih secukupnya untuk bahan adonan kue mochinya.
  8. Bahan taburan Tepung tapioka atau tepung maizena yang sudah disangrai secukupnya (kurang lebih sebanyak 125 gram saja). Bisa juga ditambahkan dengan sedikit gula pasir.

Bahan Isian (dipilih sesuai selera)
– Selai coklat sesuai selera
– Selai strawbery sesuai selera
– Selai kacang sesuai selera
– Kacang tanah (250 gram kacang tanah yang sudah disangrai sampai matang, campur dengan 6 sendok makan gula pasir dan air panas).

Cara Membuat Mochi Yang Enak dan Kenyal

  1. Langkah pertama ambil satu wadah dan masukkan tepung ketan, tepung maizena, gula pasir, dan tepung berasnya. Aduk-aduk supaya semua bahan tercampur rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit kedalam adonan diatas sambil diaduk dan sedikit ditekan menggunakan tangan (di uleni) sampai adonan benar-benar kalis (jangan terlalu keras ya, sedikit lebih lembek).
  3. Masukkan garam beryodium sedikt saja kemudian uleni uleni lagi sampai tercampur rata.
  4. Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian kemudian warnai adonan sesuai dengan selera.
  5. Siapkan kukusan dan masukkan adonan mochi yang sudah diberi warna dan kukus (kurang lebih selama 20 menit – 25 menit).
  6. Tes kematangan dengan cara menusukkan lidi kedalam adonan. Kalau sudah tidak ada yang encer berarti sudah matang adonannya.
  7. Setelah matang angkat dan dingikan sebentar.
  8. Sambil menunggu adonannya dingin, sangrai tepung maizena (ditambah gula pasir kalau suka) untuk bahan taburannya selama kurang lebih 7 menit.
  9. Ambil adonan resep moci secukupnya dan pipihkan diatas tangan.
  10. Masukkan isian secukupnya kemudian bentuk kembali menjadi bulatan.
  11. Gulungkan kue mochi yang sudah dberi isian diatas tepung maizenanya sampai rata.
  12. Ulangi sampai adonan habis dan siap untuk disajikan.

Selesai sudah cara membuat mochi spesial khas kue Jepang nya. Sangat mudah dan praktis bukan. Bahan-bahan resep mochinya juga bisa dibilang sangat sederhana. Selain dibentuk seperti bulatan bola, resep kue mochi ini juga bisa dibuat bentuk kotak, persegi panjang, hati atau gulungan seperti roti gulung lho. Selain untuk sajian hidangan sendiri di rumah, kue Jepang ini juga pas sekali lho untuk suguhan hidangan saat ada tamu atau keluarga jauh dtaang ke rumah. Untuk ide resep kue enak dan lezat untuk cemilan sehari-hari yang lainnya, silahkan mencoba Resep Dorayaki atau Cara Membuat Donat Lembut Ala JCO.

loading...

One comment

  1. Aku coba pakai isian oreo. Blender oreo beserta dengan cream nya. Lalu lakukan dengan bahan yang sama dengan isian kacang tanah, jika di rasa sudah padat. Sisihkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *