Home » Kue » Praktis 4 Cara Membuat Resep Lemper Ayam Enak Gurih

Praktis 4 Cara Membuat Resep Lemper Ayam Enak Gurih

Super Legit dan Praktis Aneka Resep Lemper Ayam Yang Enak, Gurih dan Tahan Lama Bisa Dikukus atau Dibakar. Kue tradisional yang biasanya identik dengan bentuk lonjong dan terbungkus dengan rapi oleh daun pisang ini memang melegenda. Biasanya kue lemper ini bisa di beri isian ayam suwir atau abon sapi, abon ikan dan abon ayam kalau mau praktis. Kali ini kita akan berikan juga rahasia supaya jajanan tradisional ini bisa tahan lama. Serta rahasia cara membuat lemper isi ayam supaya enak, gurih dan legit rasanya.

Cara bikin lemper ayam memang bisa dibilang gampang gampang susah. Kalau tidak tahu caranya biasanya resep kue basah tradisional yang kita buat rasanya tidak gurih. Bahkan malah ketan yang kita masak jadinya keras sehingga tidak enak untuk dimakan. Apalagi kalau dihidangkan untuk tamu atau isi kotak snack pasti akan membuat malu. Untuk itu kita akan berikan tips dan rahasia cara membuat lemper ayam yang gurih dan enak serta pas lembutnya.

Selain cara membuat lemper ayam supaya enak, gurih dan legit, cara membungkus lemper yang cantik dan menarik juga harus diperhatikan. Tentu tidak nyaman bukan kalau kita sudah capek capek membuatnya tetapi tampilannya benjol benjol dan tidak rata. Walaupun rasa dari beras ketan yang kita masak dan isi ayam nya sudah pas tentu hal ini juga akan mempengaruhi selera makan kita. Untuk itu kita berikan tips juga bagaimana cara membungkus resep lemper ayam yang kita buat supaya cantik dan menarik.

Loading...

Tips Cara Membungkus Lemper Yang Cantik dan Menarik

Kalau tidak dibentuk dengan baik, biasanya nanti kue yang dibungkus daun pisang tadi akan tidak rata atau benjol benjol. Solusinya ambil adonan atau beras ketan yang dimasak secukupnya lalu pipihkan di kedua tangan kita. Setelah itu baru kita beri isi suwiran ayam atau abon dan tutupkan kembali dengan rapi. Setelah itu baru dibungkus dengan daun pisang. Mirip dengan cara membuat ketupat yang pernah kita berikan sebelumnya.

tips cara membungkus lemper
rahasia cara membungkus lemper ayam

Selain menggunakan daun pisang yang sudah bersih, sebenarnya kita juga bisa membungkus resep kue tradisional yang baru kita buat dengan menggunakan pembungkus lainnya. Salah satunya yang paling banyak dipakai adalah plastik opp atau plastik kaca. Supaya lebih cantik dan menarik, cara membungkus lempernya bisa ditambahkan irisan cabai merah besar dan daun seledri. Untuk yang mau menggunakan plastik untuk membungkus resep lemper ayam yang baru dibuat harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama plastik yang dipakai tentu saja harus bersih dan cukup tebal supaya higienis. Saat memotong kue lemper yang siap saji, teman teman bisa menggunakan spatula. Spatula ini yang lupa pilih yang terbuat dari plastik dan sedikit diolesi dengan minyak yang baru. Hal ini supaya memudahkan proses pemotongan dan tidak lengket dengan beras ketannya. Bisa juga menggunakan pisau tapi diberi sarung plastik dan diolesi sedikit minyak goreng juga ya.

Rahasia Resep Lemper Supaya Tahan Lama dan Mantap

Sama seperti resep putu ayu, resep bolu pisang dan kue tradisional lainnya, kue yang dibuat dari beras kentan ini biasanya disajikan saat ada acara penting. Seperti contoh hajatan, arisan, syukuran, sunatan dan lainnya. Selain itu biasanya kue lemper ayam ini sering kali dipakai untuk isi kotak snack bukan. Sebaiknya memang kita bikin resep lemper ayam ini sebelum acara dimulai. Tetapi kalau memang banyak jenis makanan yang kita buat tentu waktunya tidak memungkinkan bukan.

Salah satu resep tradisional kue basah yang tahan lama dan bisa kita buat duluan adalah kue ini. Resep lemper ayam bisa tahan lama untuk 2 atau 3 hari disimpan di dalam lemari pendingin atau kulkas. Tetapi memang ada syaratnya supaya bisa tahan lama dan tidak bau. Pertama gunakan isian yang kering ataupun tidak banyak mengandung air. Idealnya sih berisi abon daging atau ayam yang memang cukup kering dan tahan lama. Tetapi kalau mau dengan suwiran ayam juga bisa. Dengan catatan bumbu dan santan yang digunakan harus benar benar menyerap dalam ayam dan tidak basah.

Tips kedua untuk membuat lemper tahan lama adalah saat proses mengolah beras ketannya. Beras ketan dikukus setangah matang dahulu baru dicampurkan dengan santan sesuai ukuran. Santan juga harus dalam keadaan panas baru dimasukkan dan dicampur dengan ketan tadi. Biarkan dahulu sampai benar benar meresap baru beras kentan yang sudah dicampur tadi dikukus kembali sampai matang.

Setelah semua proses selesai, bungkus dan isi resep kue lemper tadi lalu bungkus dengan daun pisang. Masukkan kedalam lemari pendingin. Saat akan dihidangkan, teman teman bisa mengukus resep lemper ayam tadi ataupun memanggangnya bolak balik sampai rata dengan api kecil supaya tidak terlalu dingin. Tertarik untuk mecobanya kue tradisional yang tetap lestari dan disukai banyak orang ini. Simak aneka resep lemper ayam yang cantik, menarik, tahan lama dan tentu saja enak dibawah ini.

1. Resep Lemper Ayam Kukus

Salah satu rahasia cara bikin lemper yang legit dan tidak keras adalah proses perendaman. Ya sebelum dimasak dan diaron, beras kentan yang sudah dicuci bersih kita rendam dahulu selama kurang lebih 120 menit. Setelah itu baru ditiriskan lalu beras ketan tadi dikukus seperti seperti biasa. Untuk lebih jelasnya, simak bahan dan cara membuat lemper ayam kukus dibawah ini.

resep lemper kukus
resep lemper ayam kukus

Bahan Lemper :

  • Bahan utama tentu saja beras ketan kurang lebih sebanyak 1/2 kilogram.
  • Santan secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.3 liter. Bisa juga menggunakan 1 bks santan instan yang dicampur dengan air sampai jumlah tersebut.
  • Serai diambil batangnya lalu digeprek kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Daun salam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  • Daun pisang yang yang sudah dilap sampai bersih secukupnya sesuai kebutuhan.

Bahan Untuk Isi Lemper Ayam :

  • Bahan utama adalah daging ayam yang sudah dikukus dan disuwir suwir sesuai selera kurang lebih sebanyak 1/2 kg.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Kemiri yang sudah digoeng atau sangrai sebentar kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 7 pcs.
  • Daun jeruk secukupnya atau kurang lebih sebanyak 3 sampai 4 pcs.
  • Ketumbar halus atau bubuk secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  • Santan kurang lebih sebanyak 1/4 liter (bisa dibuat dari campuran santan instan 65 ml ditambah air).
  • Gula pasir, garam dapur beryodium dan lasa halus secukupnya sesuai selera.
  • Minyak goreng sedikit saja untuk menumis.

Cara membuat lemper ayam kukus :

  1. Pertama cuci beras ketan diatas sampai bersih kemudian rendam selama kurang lebih 120 menit.
  2. Setelah direndam lalu tiriskan.
  3. Masukkan beras ketan tadi kedalam kukusan dan kukus sampai setengah matang atau kurang lebih selama 24 menit sampai 27 menit.
  4. Sambil menunggu kita siapkan isi ayam lempernya.
  5. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar sampai halus.
  6. Siapkan wajan lalu masukkan bumbu isi resep lemper diatas lalu aduk sebentar sampai wangi.
  7. Masukkan daun jeruk bersama dengan ayam yang sudah dikukus dan disuwir suwir tadi lalu aduk aduk sebentar.
  8. Tuang santan bersama dengan lada halus, garam beryodium dan gula pasir lalu aduk aduk sampai matang dan kelihatan mengering lalu sisihkan.
  9. Setelah beras ketan setengah matang lalu angkat dan siapkan rebusan santannya.
  10. Masukkan santan di bahan lemper bersama dengan daun salam, serai yang sudah digeprek dan garam secukupnya lalu masak sambil diaduk sampai mendidih.
  11. Setelah mendidih matikan api lalu masukkan beras ketan setengah matang tadi dan aduk aduk sampai meresap campuran santannya.
  12. Kukus kembali beras ketan tadi sampai benar benar matang.
  13. Ambil loyang persegi lalu beri sedikit minyak atau margarin supaya tidak lengket.
  14. Masukkan ketan lemper tadi setengah bagian lalu ratakan (jangan terlalu tebal ya, pipih saja).
  15. Masukkan isi ayam yang sudah dimasak tadi lalu ratakan sampai rata keatas lempernya.
  16. Masukkan sisa ketannya lalu ratakan kembali dengan sedikit ditekan supaya menyatu sempurna dan padat.
  17. Setelah itu teman teman bisa langsung memotongnya dan membungkusnya dengan daun pisang atau plastik sesuai selera.

2. Resep Lemper Ayam Bakar

Resep kue lemper memang banyak variasinya. Masing masing orang tua kita bahkan mungkin punya versi tersendiri dari resep kue tradisional yang dibuat dari beras ketan ini. Nah salah satu versi resep lemper ayam yang banyak dinikmati dan sudah teruji kelezatannya adalah ala Umi Yasmin. Berbeda dengan resep sebelumnya, kali ini kita menambahkan bawang putih dan air kaldu ayam. Buat yang suka dengan lemper yang legit dan gurih, resep dibawah pasti akan menjadi andalan baru. Simak bahan, bumbu serta cara bikin lemper ayam bakar yang mantap dibawah ini.

resep lemper ayam bakar
lemper ayam bakar praktis

Bahan Ketan Lemper

  1. Bahan pertama adalah beras ketan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1/2 kg.
  2. Air kaldu ayam secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 150 ml saja.
  3. Serai diambil batang putihnya saja yang sudah digeprek kurang lebih sebanyak 2 batang.
  4. Bawang putih yang sudah dihaluskan kurang lebih sebanyak 3 sampai 4 pcs.
  5. Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  6. Daun jeruk kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  7. Santan kurang lebih sebanyak 100 ml. Teman teman bisa membuatnya dari perasan kelapa 1/2 buah.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.

Bahan Untuk Isi Lemper Ayam

  1. Dada ayam fillet atau tanpa tulang secukupnya atau kurang lebih 2 pcs.
  2. Bawang merah secukupnya atau kurang lebih sebanyak 6 pcs.
  3. Bawang putih kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
  4. Ketumbar yang sudah di sangrai sebentar kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  5. Kemiri yang sudah disangrai juga kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  6. Daun salam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  7. Santan encer yang diperas dari parutan 1/4 buah kelapa sampai jadi 150 ml.
  8. Serai 1 batang saja lalu digeprek dan direbus sebentar.
  9. Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil.
  10. Merica halus sedikit saja atau kurang lebih 1/4 sendok kecil.
  11. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 3/4 sendok kecil.
  12. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1/2 liter.

Cara Membuat Lemper Isi Ayam :

  1. Langkah pertama cuci beras ketan sampai bersih lalu rendam sebentar selama kurang lebih 1 jam lalu tiriskan sebentar.
  2. Sambil menunggu kita akan membuat isi suwiran ayamnya dahulu untuk kue lemper ini.
  3. Tuang air bersama dengan daging ayamnya lalu masak sampai daging ayamnya matang.
  4. Angkat dan tiriskan sebentar lalu iris atau suwir ayam.
  5. Air kaldu jangan dibuang ya, sisihkan untuk memasak beras ketannya sebnayak 150 ml dan 1/4 liter untuk membuat isi lempernya.
  6. Haluskan dan uleg bawang merah, bawang putih, kemiri dan ketumbar untuk bumbu isi lempernya.
  7. Siapkan panci dengan suwiran ayam didalamnya lalu masukkan bumbu isi ayam diatas bersama dengan garam dapur, serai, gula pasir, merica bubuk dan daun salam.
  8. Aduk aduk bahan diatas sampai tercampur rata lalu matikan sebentar dan biarkan sampai dingin dan benar benar meresap.
  9. Sambil menunggu masukkan beras ketan yang sudah direndam dan ditirikan tadi ke panci kukusan.
  10. Nyalakan api dan masak sampai kurang lebih 20 sampai 22 menit lalu angkat dan sisihkan.
  11. Tuang 1/4 liter air kaldu ayam sisa rebusan tadi kedalam panci berisi suwiran ayam bersama dengan santan, daun jeruk, bawang putih halus (untuk ketan), daun salam, daun jeruk, garam dapur dan serainya.
  12. Panaskan sampai mendidih sambil diaduk aduk sampai rata lalu matikan dan sisihkan dan dinginkan isi ayamnya.
  13. Masukkan beras ketan setengah matang tadi kemudian aduk aduk kembali rata dan airnya menyusut dan meresap ke beras ketannya.
  14. Kukus kembali ketan tadi sampai benar benar matang atau kurang lebih selama 1/2 jam.
  15. Biarkan sebentar supaya beras ketannya tidak terlalu panas.
  16. Setelah hangat ambil sekepal atrau secukupnya.
  17. Remas remas sambil digenggam atau kepal beberapa kali sampai agak padat.
  18. Pipihkan ketan tadi lalu ambil secukupnya isi ayamnya.
  19. Bentuk kembali dengan rapi lalu bungkus dengan daun pisang.
  20. Ulangi sampai habis lalu bakar sebentar atau panggang sesuai selera.

3. Resep Lemper Ayam NCC

Kue tradisional ala NCC ini dibuat lebih sederhana dengan bahan yang sedikit. Cocok sekali buat teman teman yang hanya ingin membuat resep lemper ayam untuk cemilan bersama suami dan anak anak saja. Untuk isian ayamnya, teman teman bisa menggunakan bahan dan cara membuat isi lemper ayam yang ada sebelumnya ya.

Bahan Lemper

  • Bahan utama tentu saja beras ketan kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
  • Batang serai bagian putihnya yang sudah digeprek sebanyak 1 pcs.
  • Daun salam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 lembar saja.
  • Santan secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 125 ml.
  • Garam dapur yang beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3/4 sendok kecil.
  • Plastik bungkus atau daun pisang untuk membungkus secukupnya sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Lemper Ayam NCC

  1. Pertama cuci beras ketannya dengan air 2 atau 3 kali atau sampai bersih.
  2. Rendam beras ketan yang sudah dicuci diatas kurang lebih selama 1 jam lalu buang airnya.
  3. Masukkan ketan tadi kedalam panci kukusan lalu masak sampai hampir matang lalu angkat.
  4. Sambil menunggu tuang santan yang sudah dipersiapkan dan aduk aduk bersama serai, garam beryodium, daun salam.
  5. Aduk bahan lemper diatas sampai mendidih.
  6. Setelah mendidih masukkan beras ketan tadi (kondisi hangat) lalu aduk sebentar sampai rata.
  7. Diamkan sebentar sampai campuran santan meresap dan menyatu dengan beras ketannya.
  8. Kukus kembali beras ketan untuk bahan resep lemper diatas sampai matang.
  9. Setelah matang siap untuk dibungkus dan diisi dengan suwiran ayam, abon ayam atau abon sapi sesuai selera.

4. Resep Lemper Ayam Untuk 100 Porsi

Apakah teman teman ada yang menerima pemesanan 100 porsi kue lemper dengan isi ayam ini? Atau di rumah sedang mempersiapkan hidangan dengan kue tradisional dengan bungkus daun pisang ini sebagai salah satu menunya? Untuk mempersiapkan resep lemper ayam untuk 100 porsi memang tidak mudah. Selain tenaga yang harus dipersiapkan, bahan bahan untuk membuat lemper ayam ini juga harus pas bukan takarannya.

resep lemper ayam 100 porsi
cara membuat lemper ayam 100 porsi

Tiap orang pasti beda untuk porsi dan besar kecilnya kue ini bukan. Tetapi sebagai gambaran dan persiapan saja, beras ketan 1 kilogram biasanya untuk untuk 30 pcs. Jadi kurang lebih nanti teman teman membutuhkan 3.5 kg beras kentan untuk membuat 100 porsi lemper ayam. Untuk bahan ayam, daun pisang dan bumbu lainnya bisa disesuaikan dengan resep diatas ya.

Resep kue tradisional ini mungkin agak jarang ditemui dan sedikit lama untuk membuatnya. Tetapi kalau ada waktu, tentu tidak salah bukan kalau kita mengenalkan kue basah khas Jawa ini kepada anak anak. Apalagi sekarang bahan bahan resep lemper ayam yang enak dan gurih sudah tersedia. Untuk teman teman yang ingin membuat cemilan yang praktis dan disukai oleh anak anak, silahkan mencoba resep kue cubit anti gagal kami.

Loading...

About ipenk

Admin adalan seorang ayah dan suami yang mempunyai hobi menulis dan senang mencoba berbagai macam resep masakan untuk keluarga di rumah di sela sela waktu senggang. Resep merupakan hasil kreasi dan sudah diuji di dapur dan sebagian merupakan resep teman teman blogger yang bergelut di bidang kuliner dan sudah teruji. Buat teman teman yang ingin berbagi resep andalan keluarga bisa mengirimkan kepada kami melalui halaman kontak yang ada di website Resep Masakan Indonesia dan Facebook. Akhir kata selamat berkreasi di dapur dan semoga mendapatkan wawasan baru mengenai keaneka ragaman kuliner Indonesia.