Home » Kue » Resep Kue Pancong Gurih Manis Mudah Membuatnya

Resep Kue Pancong Gurih Manis Mudah Membuatnya

Cara Membuat Resep Kue Pancong Yang Gurih dan Enak Dengan Mudah. Kue satu ini bisa dibilang salah satu kue tradisional dari negara kita yang sudah mulai hilang di pasaran. Saat saya masih kecil, kue pancong atau juga dikenal dengan nama kue rangin, kue gandos, bandros atau kue daluman ini merupakan salah satu jenis kue yang merupakan kegemaran kami sekeluarga. Harganya cukup murah tetapi rasanya lumayan enak dan gurih. Ya, karena menggunakan parutan kelapa dan santan, resep pancong ini rasanya sangat gurih dan enak. Apalagi kalau diatasnya ditaburi gula pasir putih. Yummy, sangat enak sekali untuk disantap bersama segelas teh panas atau kopi. Tetapi sangat disayangkan sekali, saat ini penjual kue tradisional ini sudah sangat jarang bisa ditemui. Untuk melestarikan budaya kuliner bangsa sendiri, kali ini kita akan mengajak teman teman untuk membuat resep pancong ini di rumah. Bahan bahan dan cara membuat kue pancong sangat mudah dan sederhana kok.

Kalau melihat sejarahnya, resep kue pancong ini berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk tempatnya sendiri masih simpang siur karena di tempat asalnya, kue yang terbuat dari tepung beras ini sendiri dinamakan resep kue rangin. Karena perbedaan demografi yang saat ini sudah bukan menjadi hambatan besar, kue yang rasanya gurih dan enak ini ternyata juga dengan gampang ditemukan di daerah lain. Tentu saja, namanya pun berbeda, seperti kue badros kalau di daerah Bandung, Daluman buat masyarkat di pulau Bali dan bahkan ada yang menyebutnya tratak jaran di daerah Bojonegoro.

Buat beberapa diantara kita mungkin masih dengan mudah bisa menemukan penjual kue pancong ini disekitar rumah atau sekolahan anak anak. Ya, dibeberapa tempat masih bisa dengan mudah menemukan penjual kue satu ini, tetapi secara umum sekarang memang sangat jarang sekali bisa dijumpai. Padahal harga kue pancong ini bisa dibilang cukup mudah dan tidak menguras kantong lho. Resep kue rangin ini juga lebih aman dan sehat buat anak anak daripada jajanan lain yang biasanya ditemukan di sekolah mereka. Rasanya juga cukup enak dan lezat dengan tekstur luarnya yang cukup garing dan lembut didalamnya. Walaupun harganya cukup murah, memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan resep pancong ini sudah mulai punah dan mulai digerus oleh jaman.

Resep Kue Pancong Gurih
Resep Kue Pancong Gurih dan Manis

Untuk itu, sudah sepantasnya kita ikut melestarikan keberadaan resep kue pancong ini. Apalagi cara membuat kue pancong juga sangat sederhana dan mudah diikuti. Alat alat dan bahan bahannya pun mudah didapat di toko toko sekitar rumah. Kalau masalah rasa tidak kalah kok dibandingkan dengan resep kue tradisional lainnya, seperti kue pukis dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat resep kue pancong sendiri di rumah.

Loading...

Bahan bahan Untuk Membuat Kue Pancong Yang Gurih dan Enak

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung beras kualitas bagus kurang lebih sebanyak 300 gram saja. Gunakan tepung beras yang masih baru dan tidak apek. Jangan lupa saring dan ayak terlebih dahulu sebelum digunakan.
  2. Buah kelapa ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 buah saja. Gunakan kelapa yang tidak terlalu tua supaya rasanya lebih gurih kemudian parut.
  3. Santan yang diambil dari perasan buah kelapa asli kurang lebih sebanyak 650 ml saja. Bisa juga menggunakan santan instan, tetapi nanti rasanya kurang gurih.
  4. Garam dapur beryodium yang halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  5. Gula pasir kualitas bagus secukupnya sesuai selera untuk bahan taburan diatasnya atau bisa juga menggunakan parutan keju, coklat atau lainnya.

Cara Membuat Resep Pancong Yang Mudah, Cepat Dan Praktis

  1. Langkah pertama adalah rebus santan yang akan digunakan sampai benar benar mendidih. Jangan lupa sambil diaduk aduk supaya kualitas santan bagus dan tidak pecah nantinya. Setelah matang diamkan sebentar supaya agak dingin baru dicampur dengan bahan lain.
  2. Ambil satu wadah cukup besar untuk adonannya dan masukkan tepung beras yang sudah diayak beserta garam dapur beryodium dan kelapa parutnya.
  3. Aduk aduk ketiga bahan diatas sampai benar benar tercampur rata.
  4. Tuang santan yang sudah direbus terlebih dahulu diatas ke dalam wadah adonan tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk supaya tercampur rata. Disarankan untuk mencampurnya dengan menggunakan tangan, tetapi boleh juga menggunakan alat bantu lainnya seperti sendok sayur.
  5. Siapkan cetakan kue pancongnya atau bisa juga menggunakan cetakan pukis atau kue apem diatas api dan tunggu sampai panas. Sebelum diberi adonan, teman teman bisa mengolesi cetakannya dengan sedikit minyak atau margarin supaya tidak lengket.
  6. Tuang adonan pancongnya ke dalam cetakan secukupnya dan tutup sampai matang.
  7. Ulangi sampai semua adonan habis kemudian angkat dan sajikan untuk hidangan cemilan keluarga.

Selesai sudah cara membuat resep kue pancong diatas. Sangat mudah dan gampang diikuti bukan. Asal teman teman menggunakan bahan yang pas, kue rangin kalau dijawa ini bisa dibuat denga mudah dan cepat. Untuk menambah citarasanya, resep pancong diatas bisa ditambah dengan taburan gula pasir putih diatasnya atau saat menikmatinya dicelupkan di gula pasir supaya timbul rasa gurih dan manis alami. Untuk ide resep kue tradisional yang lainnya, silahkan mencoba Resep Kue Pukis Spesial atau silahkan mencoba Resep Baru Pindang Ikan Lezat kami yang menggunakan bumbu spesial.

Loading...

About ipenk

Admin adalan seorang ayah dan suami yang mempunyai hobi menulis dan senang mencoba berbagai macam resep masakan untuk keluarga di rumah di sela sela waktu senggang. Resep merupakan hasil kreasi dan sudah diuji di dapur dan sebagian merupakan resep teman teman blogger yang bergelut di bidang kuliner dan sudah teruji. Buat teman teman yang ingin berbagi resep andalan keluarga bisa mengirimkan kepada kami melalui halaman kontak yang ada di website Resep Masakan Indonesia dan Facebook. Akhir kata selamat berkreasi di dapur dan semoga mendapatkan wawasan baru mengenai keaneka ragaman kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *