Home » Kue » Resep Jongkong Kue Basah Tradisional dan Cara Membuatnya

Resep Jongkong Kue Basah Tradisional dan Cara Membuatnya

Cara membuat Resep Jongkong spesial enak sederhana. Salah satu resep kue basah tradisional asli Indonesia yang tidak kalah enak dengan resep kue modern adalah Kue Jongkong. Kalau melihat namanya mungkin terdengar agak asing, tetapi kalau sudah pernah mencobanya pasti kelembutan tekstur dan harum aromanya membuat setiap orang akan ketagihan. Resep asli Melayu ini mempunyai banyak variasi, seperti resep kue jongkong bangka, resep jongkong lapis surabaya dan yang lainnya. Walaupun namanya berbeda, cara membuat dan bahan bahan yang digunakannya hampir sama.

Kue Jongkong merupakan salah satu resep kue basah tradisional yang cukup populer di negara kita. Tidak hanya orang dewasa saja, anak anak pun sebenarnya suka sekali dengan resep jongkong ini. Mungkin dikarenakan saat ini agak susah mencari penjualnya makanya kue satu ini tidak begitu populer dan dikenal oleh masyarkat umum. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga Resep Kue Jongkong ini dengan cara mengenalkannya kepada anak anak. Apabila memang agak susah membelinya, lebih baik kita membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat Jongkong sangat mudah dan alat alat masak yang dibutuhkannya pun sangat sederhana dan biasnaya sudah tersedia di rumah.

Seperti cara membuat resep kue tradisional yang lain, proses pembuatan Resep Jongkong lumayan mudah dan gampang diikuti. Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue basah jongkong juga sangat murah harganya. Teman teman dengan mudah membeli gula pasir, kelapa, tepung beras sebagai bahan utamnya dan yang lainnya. Proses pembuatan kue basah ini juga sangat gampang diikuti, bahkan oleh pemula sekalipun yang tidak biasa memasak. Alat alat yang digunakan juga sangat sederhana dan tidak membutuhkan alat elektrik, seperti blender atau mixer yang biasanya dibutuhkan untuk membuat resep kue modern. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail resepnya di bawah ini.

Resep Jongkong Enak
Resep Jongkong Enak Spesial

Bahan bahan Resep Jongkong Lapis Khas Surabaya

  1. Seperti yang sudah disebutkan diatas, resep kue basah kali ini membutuhkan tepung beras sebanyak 500 gram.
  2. 1.5 liter santan yang diambil dari perasan buah kelapa supaya rasanya lebih gurih dan tercium aroma khasnya. Kalau tidak ada bisa juga memakai santan instan yang banyak dijual di toko. Rebus santan terlebih dahulu sampai matang.
  3. Air merang untuk memberikan warna gelapnya yang diambil dari 10 sendok merang yang sudah diayak sebelumnya dan 50 ml air bersih dicampur menjadi satu lalu diaduk dan disaring supaya tidak ada kotoran yang ikut terbawa.
  4. 50 ml air suji yang berasal dari perasan 20 lembar daun suji dan 1 lembar daun pandan segar untuk memberikan warna hijau muda pada kue lapis jongkong.
  5. Gula pasir putih kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
  6. Air kapur sirih kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  7. Kelapa yang diparut kasar agak memanjang sebanyak kurang lebih 200 gram untuk bahan taburan resep kue Jongkong. Kukus kelapa parutnya terlebih dahulu sampai matang sebelum digunakan.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.

Cara Membuat Resep Kue Jongkong Enak Praktis

  1. Ambil satu wadah agak besar untuk adonan utamnya. Masukkan 500 tepung beras, garam dapur beryodium dan gula pasir yang sudah dipersiapkan sebelumnya lalu aduk aduk dan campur sampai semua bahan tercampur rata.
  2. Masukkan air kapur sirihnyan lalu aduk aduk lagi sampai tercampur rata.
  3. Masukkan 1.5 liter santannya sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk aduk supaya tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan. Ulangi sampi semua santan sudah dituang dan tercampur rata.
  4. Setelah tercampur rata bagi adonan menjadi dua bagian sama rata.
  5. Adonan pertama beri air suji untuk memberikan warna hijau muda. Aduk aduk dengan adonan sampai semua benar benar tercampur rata.
  6. Tuang air merang ke adonan kedua lalu aduk aduk lagi sampai semua bagian tercampur rata dan warnanya rata.
  7. Siapkan kukusan dan loyang yang akan digunakan. Ukuran loyang tergantung dengan besar kecil kue yang akan dibuat dan jangan lupa diolesi alas loyang terlebih dahulu dengan sedikit minyak atau mentega supaya tidak lengket.
  8. Ambil satu bagian adonan (secukupnya saja dan usahan jangan terlalu tebal) dan tuang di atas loyang.
  9. Masukkan diatas kukusan dan masak kurang lebih selama 5-7 menit saja.
  10. Ambil satu bagian adonan yang lain dan tuang diatas lapisan pertama lalu masak lagi selama 5-7 menit.
  11. Tuang adonan lainnya lalu masak lagi. Ulangi sampai semua adonan habis lalu masak lagi sampai kue basahnya benar benar matang (kurang lebih sekitar 25-30 menit).
  12. Angkat dan dinginkan kue jongkongnya sampai benar benar dingin terlebih dahulu sebelum dipotong potong dan disajikan lalu taburi dengan parutan kelapa yang sudah dikukus terlebih dahulu

Ternyata cukup mudah dan sederhana bukan cara membuat kue Jongkong di atas. Walaupun sederhana, kalau masalah rasa kue basah tradisional ini tidak kalah lezat lho dibandingkan kue basah lain yang berasal dari luar negeri. Selain itu, bahan bahan yang dibutuhkan juga gampang didapat dan harganya pun cukup murah di kantong. Selain dikonsumsi sendiri, Resep Jongkong bisa juga dijadikan alternatif sumber penghasilan keluarga. Untuk ide resep kue tradisional yang lain, silahkan mencoba Resep Kue Basah Mendut Ketan Hitam dan Resep Wingko Babat Asli.

Loading...
Loading...

About ipenk

Admin adalan seorang ayah dan suami yang mempunyai hobi menulis dan senang mencoba berbagai macam resep masakan untuk keluarga di rumah di sela sela waktu senggang. Resep merupakan hasil kreasi dan sudah diuji di dapur dan sebagian merupakan resep teman teman blogger yang bergelut di bidang kuliner dan sudah teruji. Buat teman teman yang ingin berbagi resep andalan keluarga bisa mengirimkan kepada kami melalui halaman kontak yang ada di website Resep Masakan Indonesia dan Facebook. Akhir kata selamat berkreasi di dapur dan semoga mendapatkan wawasan baru mengenai keaneka ragaman kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *