Home » Kue » Cara Mudah Membuat Resep Wingko Babat Asli Enak

Cara Mudah Membuat Resep Wingko Babat Asli Enak

Anda termasuk penggemar jajanan dan kue asli Indonesia? Memang banyak sekali jajanan dan kue asli Indonesia yang terkenal akan kelezatan rasanya. Salah satu yang kebetulan juga merupakan kue favorit keluarga saya adalah Kue Wingko Babat resep. Ya, biasanya kalau anda naik kereta api atau kebetulan lagi berkunjung ke daerah Semarang, anda dengan mudah akan menemukan Wingko Babat Cap Kereta Api. Tetapi berdasarkan beberapa sumber yang saya dapat, Resep Wingko Babat Asli sebenarnya berasal dari daerah babat yang berada di Lamongan, Jawa Timur.

Ya, kalau anda memang penggemar kue ini, ada dua macam jenis Wingko yang cukup terkenal, yaitu Resep Wingko Babat Semarang dan Wingko Babat Lamongan Resep. Tetapi sebenarnya kedua resep tersebut mempunyai bahan bahan dan cara membuatnya yang bisa dibilang hampir sama. Hasil jadi kue versi Semarang dan versi Lamongan pun mirip dan serupa.

Kue asli Indonesia yang berasal dari campuran tepung ketan, tepung kanji dan parutan kelapa ini memang enak dan mempunya cita rasa yang khas sehingga banyak penggemarnya. Dengan bentuk yang lumayan kecil dan rasa yang legit, Wingko Babat merupakan salah satu oleh oleh yang cukup terkenal di kota Semarang. Rasanya kurang pas kalau berkunjung atau melewati ibukota Propinsi Jawa Tengah tanpa mencicipi kue ini. Oleh karena itu, buat teman teman yang kangen dengan kue ini, kami ajak untuk membuat resep Wingko Babat Semarang sendiri di rumah.

Resep Wingko Babat Asli
Membuat Resep Wingko Babat Asli

Bahan bahan Resep Wingko Babat Asli Semarang

  1. 500 gram Tepung Ketan yang sudah di ayak halus.
  2. 350 gram Gula Pasir Putih, jangan gunakan gula pasir yang berwarna kekuningan karena jenis gula ini masih memiliki aroma tebu yang cukup kuat.
  3. Tepung Kanji atau tepung tapioka sebanyak 50 gram.
  4. Satu butir Kelapa yang cukup tua diparut dan diambil santan kentalnya sekitar seperempat liter.
  5. parutan kelapa muda sebanyak kurang lebih 350 gram.
  6. 1 pcs daun pandan segar (dibentuk simpul waktu memasaknya nanti).
  7. 1 sendok besar atau sendok makan margarin.
  8. Setengah sendok kecil atau sendok teh garam dapur halus beryodium.
  9. Setengah sendok teh vanili (bisa memakai yang model bubuk atau pasta)
  10. Bahan untuk olesan berupa 1-2 butir kuning telur di campur dengan setengah sendok makan margarin.
  11. Kertas minyak atau daun pisang untuk alasnya nanti.

Cara membuat Resep Wingko Babat Enak

  1. Ambil satu panci untuk merebus 250 ml santan kental, setengah garam dapur dan 350 gram gula pasirnya. Aduk semua bahan sampai mendidih.
  2. Masukkan daun pandannya. Aduk lagi sampai semua bahan sedikit emngumpal dan agak kental.
  3. Ambil satu wadah yang ukurannya cukup besar untuk adonan utama. Masukkan 500 gram tepung ketan, tepung kanji, bubuk vanili, margarin dan 350 gram kelapa parutnya. Campur semua bahan sampai rata.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit santan dari langkah pertama sambil tetap di aduk. Ulangi sampai santan habis dan adonan sedikit berminyak dan kalis.
  5. Ambil loyang yang akan dipakai untuk cetakan Kue Wingko Kelapanya. Alasi terlebih dahulu dengan daun pisang atau kertas minyak yang sudah disiapkan. Ratakan adonan supaya hasilnya nanti bagus.
  6. Panaskan oven sampa mencapai suhu 160-170 derajat. Masukkan loyang adonan kedalamnya sampai setengah matang. Olesi kue setengah matang dengan bahan olesannya dan panggang lagi sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.

Setelah matang, angkat dan tunggu Wingko Babatnya dingin terlebih dahulu sebelum dipotong. Anda bisa memotongnya dengan bentuk bundar, persege empat atau bentuk apa saja sesuai dengan kreasi anda sendiri. Bagaimana menurut teman teman cara membuat Resep Wingko Babat di atas? Cukup mudah dan tidak terlalu ribet kan, bahkan untuk orang awam yang tidak hobi memasakpun pasti dengan mudah membuat resep ini. Untuk variasi resep asli indonesia yang lain, silahkan mencoba Resep Bika Ambon atau Resep Kue Lapis Tepung Beras.

Loading...
Loading...

About ipenk

Admin adalan seorang ayah dan suami yang mempunyai hobi menulis dan senang mencoba berbagai macam resep masakan untuk keluarga di rumah di sela sela waktu senggang. Resep merupakan hasil kreasi dan sudah diuji di dapur dan sebagian merupakan resep teman teman blogger yang bergelut di bidang kuliner dan sudah teruji. Buat teman teman yang ingin berbagi resep andalan keluarga bisa mengirimkan kepada kami melalui halaman kontak yang ada di website Resep Masakan Indonesia dan Facebook. Akhir kata selamat berkreasi di dapur dan semoga mendapatkan wawasan baru mengenai keaneka ragaman kuliner Indonesia.

2 comments

  1. Panggang sampai setengah matang kira2 brp menit ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *