advertisements
Home » Ayam » Cara Mudah Membuat Resep Garang Asem Ayam Khas Solo dan Kudus

Cara Mudah Membuat Resep Garang Asem Ayam Khas Solo dan Kudus

advertisements

Buat masyarakat Pulau Jawa dan penduduk Propinsi Jawa Tengah pada khusus nya, makanan yang satu ini, Garang Asem Ayam pasti sudah tidak asing lagi. Secara pribadi, saya pun yang bukan orang asli Jawa Tengah juga sangat menyukai makanan satu ini. Perpaduan rasa gurih nya santan, pedas nya cabe hijau dan merah plus asam nya buah belimbing pasti membuat penikmat makanan akan terus mencari salah satu macam variasi masakan ayam satu ini.

Memang banyak sekali Restaurant atau Depot Makan yang menjual Garang Asem Ayam yang siap untuk disantap. Ada yang menamakan nya Garang Asem Asli Solo, Garang Asem Kudus, Semarang atau lain nya. Tetapi hampir semua penjual makanan tersebut tidak menyediakan pilihan, seperti tidak terlalu pedas bagi penderita maag atau super pedas buat pengemar masakan pedas. Terlebih lagi apabila tempat penjual nya jauh dari rumah atau anda pernah mencicipi makanan ini di luar kota tempat tinggal anda. Pasti repot untuk bepergian hanya untuk membeli nya.

Untuk itu, disini kami menyajikan resep dan cara membuat Garang Asem Ayam yang gurih dan enak. Dengan membuat sendiri, anda bisa berkreasi sesuai selera anda. Anda bisa mengganti bahan ayam potong nya dengan Ayam Kampung atau mencoba membuat Garang Asem Ayam Tanpa Santan. Selain bahan dan bumbu nya mudah didapat, ternyata cara membuatnya juga cepat dan mudah lho.

advertisements
Resep Garang Asem Ayam Gurih
Cara mebuat dan Resep Garang Asem Ayam

Bahan dan Bumbu Resep Garang Asem Ayam (resep untuk 1 ekor ayam)

Bahan utama nya adalah Ayam ukurang sedang, sekitar 750 gram – 1kg. Ayam yang digunakan biasanya Ayam potong, tetapi kalau lebih suka Ayam Kampung juga bisa digunakan. Untuk potongan, disesuaikan dengan selera, tetapi untuk hasil maksimal sebaiknya antara 14 – 24 potong.
Lima batang Cabai Hijau ukuran besar
2 lembar Daun bawang
20-30 pcs Cabai rawit
200 gram buah belimbing Sayur
1 liter Santan kental (kurang lebih buth satu Kelapa ukuran besar
Daun Kemangi secukupnya
3 pcs Daun Salam yang aromanya kuat
1 lembar Daun Pisang untuk pembungkus ( atau menggunakan wadah lain yang biasa buat mengukus makanan)
Lengkuas secukup nya
10 siung bawang merah lokal
5 pcs bawah putih ukuran sedang
Kencur, jahe, kemiri dan ketumbar secukup nya (tergantung selera)

Cara pembuatan Garang Asem Ayam asli Jawa ini

Semua bahan bumbu (Bawang merah, bawang putih, kencur jahe, ketumbar dan kunyit) dihaluskan menjadi satu.
Ayam yang sudah di potong sesuai selera dimasukkan ke tempat yang cukup besar. Masukkan bumbu halus di atas, ratakan di permukaan ayam nya. Masukkan garam dan remas remas bumbu – bumbu tersebut ke daging ayam. Jangan gunakan tenaga terlalu besar sehingga tidak merusak daging nya.
Hidupkan wajan besar dengan api sedang. Masukkan semua bahan di atas.
Setelah itu, masukkan buah belimbing sayur yang sudah di potong, daun bawang, cabe rawit, cabai hijau, serai, daun bawang dan santan sedikit demi sedikit. Aduk secara perlahan secara merata sampai daging dirasa cukup empuk.
Siapkan Daun pisang yang sudah dibersihkan. Potong ukuran sedang. Kasih daun kemangi di alas daun, taburi dengan ayam plus sedikit kuah yang sudah masak diatas.
Bungkus engan rapi. Sebaik nya menggunakan tusuk gigi atau lidi supaya aman.
Kukus dengan api sedang kurang lebih 35 sampai 45 menit.

Ternyata gampang kan cara membuat Resep Garang Asem Ayam di atas. Selain kita bisa menyesuaikan komposisi bumbu dan bahan sesuai selera, kita juga bisa mencoba untuk menjual nya. Apalagi buat anda yang sudah punya bisnis kuliner, menu satu ini pantas untuk di jadikan menu andalan di restaurant atau depot makan. Silahkan kirim pendapat dan pengalaman anda di kolom komentar. Untuk resep berbahan dasar ayam yang lain, silahkan mencoba Resep Ayam Bakar Rica Rica kami atau cara membuat Resep Ayam Saus Metega kami.

advertisements
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *