Home » Kue » Cara Mudah Membuat Resep Biji Ketapang Renyah dan Empuk

Cara Mudah Membuat Resep Biji Ketapang Renyah dan Empuk

Resep Biji Ketapang Empuk. Buat teman teman muslim yang sebentar lagi merayakan Hari Raya Lebaran, pasti sudah sibuk untuk mempersiapkan hidangan dan kue apa saja yang nanti akan disajikan di saat Hari suci umat Islam tersebut. Beberapa hari kemararin, saya sudah memberikan beberapa resep kue lebaran, seperti Kua Nastar, Kue Kastangel, Putri Salju dan lainnya. Kali ini, saya akan mengajak teman teman untuk membuat satu jenis kue kering lebaran yang bisa di bilang wajib ada di meja hidangan nanti, yaitu membuat Kue Biji Ketapang Empuk dan Renyah.

Ada banyak sekali variasi Kue Biji Ketapang yang ada biasanya di sajikan. Teman teman pasti pernah mendengar Resep Biji Ketang NCC, Biji Ketapang Asin atau Resep Kue Biji Ketapang Keju. Pada intinya, semua variasi resep di atas mempunyai bahan bahan pembuat yang hampir mirip. Cara membuatnya pun hampir sama. Paling ada beberapa bahan tambahan yang membuatnya beda, seperti tepung sagu, keju atau perenyah kue.

Sebenarnya tidak ada tahu persis kenapa kue ini dinamakan Biji Ketapang. Padahal Ketapang kan kalau enggak salah sejenis tumbuhan. Mungkin karena bentuknya yang mungil yang mirip biji yang menyebabkan banyak orang menyebutnya begitu. Untuk membuat Resep Biji Ketapang sebernya tidak terlalu sulit. Bahan bahannya pun dengan mudah bisa kita dapat di toko toko sekitar rumah. Tetapi karena masih banyak yang belum tahu bagaimana cara yang benar dan bahan bahan rsep ini, kebanyakan kita lebih senang untuk membelinya daripada membuatnya sendiri. Bagi teman teman yang punya sedikit waktu dan berniat untuk membuatnya sendiri di rumah, silahkan membaca di bawah ya.

Resep Biji Ketapang Empuk
Membuat Resep Biji Ketapang Empuk

Bahan bahan Resep Biji Ketapang Empuk dan Renyah

  1. Parutan buah kelapa sekitar 150 gram. Gunakan buah kelapa yang setengah tua supaya hasilnya nanti renyah.
  2. Tepung Terigu yang mempunya kadar protein sedang sebanyak 400 gram. Ayak terlebih dahulu supaya benar benar halus.
  3. Telur Ayam sebanyak 1 butir.
  4. Gula pasir putih (jangan gunakan gula pasir yang berwarna agak kuning) sebanyak 150 gram.
  5. Margarin (merek sesuai selera, tetapi disarankan menggunakan salah satu merek terkenal yang mempunya rasa lebih gurih) sebanyak 100 gram.
  6. Vanili secukupnya.
  7. Garam dapur beryodium sebanyak 1 sendok kecil atau sendok teh.
  8. Minyak goreng setengah liter atau sesuaikan dengan wajan yang nanti akan dipakai buat menggoreng.

Cara membuat Biji Ketapang Empuk

  1. Pecahkan 1 butir telur ayam ke dalam wadah. Kocok sampai rata.
  2. Masukkan 150 gram gula pasir putihnya, 1 sendok teh garam dapur dan vanili secukupnya. Campur ketiga bahan tadi dengan kocokan telur sampai benar benar tercampur rata.
  3. Ambil satu wadah lagi. Masukkan kelapa parut dan campur sampai rata dengan 400 gram tepung terigu protein sedang.
  4. Masukkan campuran tepung di wadah ke dua ke dalam adonan di wadah pertama. Campur semua bahan sampai rata.
  5. Masukkan 100 gram margarin ke dalam adonan utama. Campur menggunakan tangan atau di uleni hingga kalis.
  6. Bentuk adonan bulat memanjang (seperti betuk bolpoint atau spidol). Potong adonan tadi kecil kecil dengan agak serong.
  7. Panaskan minay ke dalam wajan dengan api sedang. Masukkan secukupnya dan goreng Kue Biji Ketapang sampai matang atau berwarna coklat muda. Ulangi sampai semua adonan habis.

Ternyata tidak terlalu sulit kan membuat Resep Biji Ketapang yang empuk dan gurih. Selain untuk mengisi kesibukkan, membuat sendiri kue ini yang berbentuk hampir sama dengan kue akar kelapa juga lebih hemat. Siapa tahu ada teman teman, keluarga atau tetangga yang tertarik dan berniat untuk membelinya. Bisa dijadikan salah satu alternatip untuk menambah penghasilan kan. Untuk ide variasi resep kue dan masakan lebaran yang lain, silahkan mencoba Resep Nastar kami atau Resep Rendang Padang yang terkenal akan kelezatan dan daya tahanya. Selamat mencoba dan silahkan di share juga ke akun Facebook atau Twitter teman dan keluarga.

Loading...
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *