Home » Ayam » Cara Mudah Membuat Resep Ayam Bumbu Rujak Pedas Enak

Cara Mudah Membuat Resep Ayam Bumbu Rujak Pedas Enak

Cara membuat Resep Ayam Bumbu Rujak Enak. Ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak di gemari keluarga Indonesia. Selain rasanya yang enak, harga nya pun tergolong cukup dapat dijangkau oleh masyrakat kita. Ada banyak sekali variasi makanan berbahan dasar ayam, mulai dari sayur, olahan daging nya seperti nugget, direbus atau digoreng. Buat teman teman yang hobi makan pedas dan bosan dengan variasi masakan ayam yang itu itu saja, yuk kita coba bikin Ayam Bumbu Rujak Pedas Enak. Dari namanya saja sudah terbayang kan bagaimana cita rasa pedas dari masakan khas Indonesia ini.

Mungkin buat beberapa teman teman, lebih mengenal rujak untuk buah. Tetapi sebenarnya, resep bumbu rujak sendiri bisa digunakan untuk berbagai macam variasi makanan, seperti ikan bumbu rujak, ayam bakar bumbu rujak dan yang lainnya. Berdasarkan beberapa sumber yang saya dapat, Resep Ayam Bumbu Rujak ini pertama kali ditemukan di daerah Jawa Timur dan dengan cepat berkembang di daerah lain di pulau Jawa ini. Ya, dengan cita rasa yang cukup pedas, masakan ayam ini memnag tidak cocok untuk semua orang, apalagi buat anak anak dan orang dewasa yang mempunyai masalah dengan perut nya. Tetapi buat teman teman yang memang hobi makan masakan bercita rasa pedas, tentu saja variasi masakan ayam ini akan menjadi salah satu favorit baru makanan anda.

Seperti variasi Resep Ayam lainnya, penggunaan daging ayam yang segar dan berkualitas baik menjadi salah satu faktor yang membuat cita rasa resep ini nikmat. Pilih lah ayam segar yang daginnya kenyal, jangan terlalu lembek karena biasanya ini ayam tersebut tidak segar. Selain itu, penggunaan air asam jawa juga merupakan salah satu faktor kunci dalam proses pembuatan Resep Ayam Bumbu Rujak nya. Untuk rasa pedas nya, teman teman bisa menambah atau mengurasi komposisi dan jumlah buah cabai yang akan di gunakan. Tetapi yang harus diperhatikan adalah semua bahan buah cabai, seperti cabai merah keriting dan cabai merah besar harus tetapi digunakan. Oke, untuk detail resep ayam nya bisa dilihat di bawah.

Resep Ayam Bumbu Rujak Pedas
Proses Pengolahan Resep Ayam Bumbu Rujak

Bahan bahan Resep Ayam Bumbu Rujak Pedas

  1. Ayam segar yang sudah di cuci bersih 1 ekor. Potong menjadi 10-14 bagian (tergantung selera anda).
  2. Buah cabai Merah besar sebanyak 2 pcs.
  3. Buah cabai Merah keriting ukuran besar sebanyak 5 pcs. Pilih yang segar dan kualitasnya baik. Bisa ditambahkan atau di kurangi sesuai selera teman teman.
  4. 1 buah kelapa yang sudah diparut. Campur air dan ambil santan kental nya aja sebanyak kurang lebih 400ml.
  5. Asam jawa dicampur air secukupnya. Ambil air nya saja sebanyak setengah sendok makan.
  6. Bawah putih lokal sebanyak 4 pcs. Pilih yang ukuran nya cukup besar supaya bau nya lebih harum.
  7. Daun jeruk segar sebanyak 2 lembar.
  8. Garam dapur beryodium sebanyak 1 sendok teh. Bisa ditambahkan sedikit apabila di rasa kurang gurih.
  9. Serai segar sebanyak 2 pcs. Cuci bersih dan memarkan. Jangan lupa yang diambil hanya batang nya yang berwarna putih.
  10. Bawang Merah lokal yang bagus ukuran cukup besar sebanyak 4 pcs.
  11. Jahe yang sudah dicuci bersih dan di kupas sebaanyak kurang lebih 1 cm.
  12. Kemiri yang sudah disangrai sebanyak 3 pcs.
  13. Daun Salam segar yang sudah di cuci terlebih dahul sebanyak 2 pcs.
  14. Gula merah jawa. Sisir tipi tipis dan ambil sebanyak 2 sendok kecil atau sendok teh.
  15. Minyak goreng sedikit untuk menumis bumbu bumbu nya nanti.

Cara Membuat Resep Ayam Bumbu Rujak Enak

  1. Cuci ayam yang sudah dipotong sesuai selera. Lumuri seluruh bagian ayam dengan campuran air asam jawa dan garam dapurnya. Diamkan kurang lebij selama 25 menit supaya meresap.
  2. Siapkan cobek atau alat lain untuk mengulek bumbunya. Masukkan cabai merah, cabai keriting, bawah putih, bawang merah jahe dan kemirinya. Haluskan dan uleg semua bahan sampai halus. Jangan menggunakan blender karena akan menyebabkan hasil jadinya kurang lezat dan bumbunya tidak tercium harum.
  3. Siapkan penggorengan yang ukurannya cukup besar.
  4. Masukkan sedikit minyak goreng untuk menumis dan hidupkan dengan api kecil.
  5. Masukkan bumbu bumbu yang sudah dihaluskan di atas dan tumis sebentar. Masukkan daun salam dan 2 lembar daun jeruknya dalam tumisan bumbu halusnya. tetap di aduk aduk pelan pelan sampai tercium bau harum.
  6. Masukkan 400 ml santan kental dan potongan ayamnya. Campur dan aduk pelan pelan. Jaga jangan sampai santan nya pecah.
  7. Masukkan garam, gula merah yang sudah di iris tipis tipis. Masak sampai di rasa daging nya sudah empuk dan lunak.

Ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan kan cara membuat Resep Ayam Bumbu Rujak nya. Memang dibandingkan ayam bakar bumbu rujak, resep kali ini lebih enak dinikmati tanpa lalapan dan sambal. Jadi pastikan cita rasa pedas nya sudah cukup untuk teman makan nasi dan tidak perlu ditambahkan lagi sambal tomat. Beberapa resep lain memang tidak menggunakan santan dan hanya menggunakan air, tetapi disini kunci nya untuk menghasilkan masakan yang lebih lezat, enak dan aromanya tercium. Untuk ide resep masak yang lain, silahkan mencoba Resep Gurame Bakar Bumbu Rujak dan Resep Ayam Tangkap Asli Aceh.

Loading...
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *