Home » Kue » Cara Membuat Resep Waffle Renyah dan Crispy Sederhana

Cara Membuat Resep Waffle Renyah dan Crispy Sederhana

Resep Waffle Renyah dan Garing dan Cara Membuatnya. Seiring dengan perkembangan jaman dan modernisasi yang menyentuh semua bidang termasuk kuliner, ada berbagai macam jenis masakan Eropa yang masuk ke tanah air. Tidak hanya dengan mudah bisa kita temukan di restauran atau hotel terkenal, berbagai macam resep tersebut bahkan sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indoensia. Salah satu yang cukup terkenal dan diterima dengan baik oleh lidah kita adalah resep waffle. Ada berbagai macam cara membuat waffle dan variasi recipe waffle yang kita kenal yang ternyata juga sangat populer di Belgia ini seperti resep blue waffle, vans waffle, waffle pandan, waffle nCC dan yang lainnya. Kita juga mengenal waffle A&W, waffle tango dan beberapa jenis kue waffle siap makan lainnya.

Resep Waffle Belgia memang tidak sama persis dengan waffle yang akan kita buat nanti, tetapi kalau masalah rasa kedua resep kue waffle itu rasanya tetap renyah dan crispy lho. Cara membuat kue waffle terbilang juga sangat sederhana apabila dibandingkan dengan variasi kue barat yang lain. Bahan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan resep kue yang bahan pembuatannya dan bentuknya mirip pancake ini juga sangat mudah didapatkan di toko toko sekitar rumah ataupun mini market di sekitar kita. Mungkin yang harus kita persiapkan adalah cetakan waffle yang bentuknya memang agak berbeda dengan resep kue yang lain. Walaupung bahan bahan yang digunakan bisa dibilang sangat sedikit kalau dibandingkan dengan resep kue lain, resep waffle kali ini tidak kalah renyah dan crispy lho.

Tentu saja selain lebih menghemat pengeluaran keluarga, dengan membuat sendiri resep kue waffle di rumah juga memberikan keleluasaan kita untuk bereksperimen sendiri dengan menambahkan bahan bahan lain untuk meningkatkan cita rasa sehingga lebih disukai oleh semua anggota keluarga. Teman teman bisa mencampur adonannya dengan pasta pandan untuk membuat resep waffle pandan, pasta durian, pasta coklat atau yang lainnya. Seperti di negara asalanya, waffle yang akan kita buat kali ini merupakan kue dasar yang tidak ada isinya.

Kalau teman teman jalan jalan atau mungkin melihat beberapa restauran yang menjual kue waffle mungkin memang terlihat sangat menarik dengan berbagai macam isian atau kreasi topping yang khas. Tetapi sebenarnya hampir semua variasi resep waffle hampir sama cara membuat dan bahan bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana. Untuk hasil akhirnya sebelum disajikan memang tergantung dari kreasi dan ide teman teman sendiri. Teman teman bisa menambahkan beberapa potongan buah strawbery dan menyiramnya dengan selai strawbery atau menggunakan es cream untuk toppingnya. Atau buat yang penggemar coklat, siraman saus coklat yang kental dan beberapa potongan oreo atau astor pasti dijamin membuat anak anak tidak sabar untuk mencicipinya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail bahan dan cara membuat waffle dibawah ini.

Loading...
resep waffle garing
resep waffle crispy dan garing

Bahan bahan Resep Waffle Crispy dan Renyah

  1. Seperti resep kue lainnya, kali ini kita juga membutuhkan tepung terigu yang berkualitas bagus dan mempunyai kadar protein sedang kurang lebih sebanyak 280 gram saja.
  2. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium cukup sesuai selera atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
  3. Susu cair kurang lebih sebanyak 425 ml saja.
  4. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 2 butir saja.
  5. Gula pasir bersih kurang lebih sebanyak dua sendok makan saja.
  6. Margarin yang sudah dicairkan sebelumnya kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  7. Baking powder kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.
  8. Cetakan Kue Waffle.

Cara Membuat Resep Kue Waffle yang Garing

  1. Untuk menghindari kotoran atau gumpalan yang mungkin terdapat didalam tepung dan baking powder, kedua bahan tersebut dicampur menjadi satu di satu wadah adonan kemudian disaring dan diayak supaya benar benar halus.
  2. Ambil satu wadah lagi dan masukkan garam dapur beryodium, margarin yang sudah dicairkan terlebih dahulu dan gula pasir yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kocok ketiga bahan tersebut bersamaan hinga mengembang sempurna.
  3. Campurkan bahan di wadah pertama dan kedua lalu aduk aduk sebentar supaya tercampur dengan rata.
  4. Pecahkan 2 butir telur dan masukkan ke dalam adonan diatas.
  5. Kocok kembali menggunakan mixer dengan kecepatan sedang secukupnya sambil menuang susu cair yang sudah dipersiapkan sebelumnya sedikit demi sedikit sehingga semua bahan benar benar tercampur rata.
  6. Siapkan cetakan waffle dan panaskan dengan api sedang kecil.
  7. Setelah cetakan waffle panas, tuang adonan diatas secukupnya ke dalam cetakan. Tunggu sampai matang lalu angkat. Ulangi sampai semua adonan habis.

Ternyata cara membuat kue waffle yang tidak sesulit yang kita perkirakan sebelumnya bukan? Setelah matang dan agak dingin teman teman bisa menambahkan beberapa macam toping dan hiasan ke atas kue waffle yang sudah jadi. Disini kreatifitas dan ide lah yang menentukan seberapa menarik hasil jadi Resep waffle yang akan kita buat nanti. Tetapi kalau mau dikonsumsi sendiri untuk sekedar teman minum teh atau nonton acara favorit di televis, siraman saus coklat dengan beberapa potong coklat batang atau siraman madu kami kira sudah cukup untuk membangkitkan selera. Untuk ide membuat Resep Kue yang lain, silahkan mencoba Pancake Durian yang sudah terkenal sekali kelezatannya atau cara membuat brownies kukus yang cukup mudah, bahkan untuk pemula sekalipun.

Loading...

About ipenk

Admin adalan seorang ayah dan suami yang mempunyai hobi menulis dan senang mencoba berbagai macam resep masakan untuk keluarga di rumah di sela sela waktu senggang. Resep merupakan hasil kreasi dan sudah diuji di dapur dan sebagian merupakan resep teman teman blogger yang bergelut di bidang kuliner dan sudah teruji. Buat teman teman yang ingin berbagi resep andalan keluarga bisa mengirimkan kepada kami melalui halaman kontak yang ada di website Resep Masakan Indonesia dan Facebook. Akhir kata selamat berkreasi di dapur dan semoga mendapatkan wawasan baru mengenai keaneka ragaman kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *