Home » Sambal » Cara Membuat Resep Sambal Cabai Hijau Lezat

Cara Membuat Resep Sambal Cabai Hijau Lezat

Cara Membuat Resep Sambal Cabai Hijau Padang Yang Lezat Khas Tanah Minang – Kali ini resepcaramemasak.info hari ini adalah membahas Resep Sambal yang spesial khas rumah makan Padang untuk anda semua yaitu Sambal Cabai Hijau. Sambal ini menjadi favorit banyak orang karena kelezatan dan warna khasnya. Jika anda tertarik untuk membuat resep yang satu ini anda harus tetap berada di artikel ini untuk mencatat semua bahan Sambal yang harus anda beli di pasar atau supermarket. Pas sekali untuk pendamping ayam goreng, ikan goreng ataupun masakan bakaran lainnya. Cara yang kami ajarkan disini sangat mudah dipahami sehingga anda tidak akan bingung untuk membuat masakan baru ini. Atau sebelumnya kita juga sudah pernah memberikan info Tumis Cumi Jamur.

Resep Sambal Hijau Padang khas tanah Minang ini memang mantap. Banyak orang yang bukan orang Minang pun juga menyukai kelezatan sambal dengan ciri khas hijau ini. Tetapi memang ada beberapa juga yang sedikit khawatir untuk mencobanya. Biasanya sih disebabkan ketakutan akan membuat perut mules. Tetapi ada rumor atau isu di kalangan orang Minang bahwa tangkai cabai bisa dibuat untuk obat anti mules. Jadi tangkai cabai hijaunya tidak dibuang. Ikut direbus bersama dengan buah tomat dan cabai keritingnya. Lalu diulek kasar bersama dengan bahan sambal ijo ini terus disajikan. Tetapi saya sendiri sih belum membuktikannya karena memang suka dengan pedas dan tidak takut mules.

Seperti resep sambal lainnya, cara membuat sambal hijau ini sangat mudah. Tinggal mencampur bahan yang sudah dipersiapkan kemudian menumbuknya menjadi resep sambal hijau Minang yang menggoda. Ciri khas dari sambal dari Padang ini terletak pada warna hijau alami yang menggugah selera. Warna hijau ini memang keluar dari tomat hijau dan sambal hijau yang digunakan. Jadi memang warna bahan sambal alami yang sehat dan bermanfaat buat tubuh. Untuk itu tidak afdol namanya kalau membuat resep sambal ijo tetapi menggunakn cabai rawit merah atau kuning. Untuk bahan dan langkah pembuatan sambal khas Padang ini bisa dilihat dibawah ya.

Loading...

Bahan Sambal Hijau

  • Bahan utama adalah buah cabai hijau keriting secukupnya atau kurang lebih sebanyak 100 gram.
  • Buat tomat ijo ukuran sedang kurang lebih sebanyak 3 buah.
  • Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 2 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera yang penting pas di lidah.
  • Minyak goreng secukupnya untuk memasak sambal hijau nya.
  • Air secukupnya untuk merebus cabai dan tomatnya.

Cara membuat sambal ijo

  1. Pertama cuci bersih cabai hijau dan tomat hijau dengan air mengalir.
  2. Masukkan buah cabai hijau bersama dengan tomat hijau, bawang putih dan merah sampai layu dan berubah warna.
  3. Angkat bahan sambal tadi kemudian tiriskan sebentar.
  4. Uleg dan tumbu bahan rebusan tadi bersama garam dapur dan gula pasir. Tetapi jangan terlalu halus ya supaya tidak hilang ciri khasnya.
  5. Siapkan wajan dengan minyak secukupnya dna tunggu sampai panas.
  6. Masukkan ulegan bahan sambal tadi kemudian masak sebentar sampai harum dan matang.

Note : Bahan cabai hijau kering bisa dikombinasikan dengan buah cabai hijau besar kalau suka. Cabai hijau besar mempunyai citarasa yang tidak terlalu pedas apabila dibandingkan dengan cabai keriting. Cocok sekali untuk teman teman yang tidak terlalu suka masakan dengan tingkat kepedasan level tinggi. Buah tomat hijau jangan diganti ya. Kalau diganti resep sambal hijau nya nanti kehilangan citarasa spesial khas minang nya. Aroma dan rasanya pasti berbeda dengan sambal ijo yang banyak dijual di rumah makan padang.

Catat semua yang anda butuhkan dan beli semuanya setelah itu persiapkan alat daput untuk membuat Sambal Cabai Hijau, setelah siap saji coba anda sarankan kepada salah satu keluarga atau teman terdekat untuk mencobanya menu yang baru anda buat apakah sudah memiliki cita rasa yang sempurna atau masih ada yang kurang. Kalau teman teman punya resep sambal spesial dari daerah lain bisa dikirim di kolom komentar dibawah ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *