Home » Daging » 4 Cara Membuat Resep Rendang Daging Spesial Lebaran

4 Cara Membuat Resep Rendang Daging Spesial Lebaran

4 Aneka Resep Rendang Daging Spesial Tradisional Dan Cara Mudah Membuat Bumbu Rendang Sapi Lezat Untuk Menu Buka Puasa dan Lebaran. Siapa yang tidak kenal dengan salah satu Resep Masakan Indonesia yang cukup fenomenal ini. Ya, rendang daging bukan hanya populer di negara kita, bahkan sampai ke luar negeri pun banyak yang memuji kelezatan dan citarasa Resep Masakan Rendang ini. Apalagi kalau disajikan buat menu buka puasa atau resep masakan lebaran, pasti semua anggota keluarga menyukainya.

Di negara kita, ada beberapa macam resep masak daging sapi ini yang beredar di tengah masyarakat, seperti Resep Rendang Padang, Resep Rendang Daging Jawa, Rendang Telur ataupun resep masakan rendang ayam yang juga banyak digemari oleh hampir sebagian besar masyarakat kita. Sebenarnya, semua macam resep diatas menggunakan bahan baku dan cara membuat rendang yang hampir sama. Paling hanya berbeda beberapa bumbu rempah rempah dasarnya saja. Tetapi tetap saja ada beberapa perbedaan bahan baku yang digunakan di bumbu rendang nya yang membuat setiap resep masakan daging rendnag tersebut memiliki citarasa khas tersendiri.

Beberapa waktu yang lalu, kami sudah memposting cara membuat rendang padang yang spesial dan bumbu rendang apa saja yang digunakan supaya masakan rendang daging sapi ini enak rasanya dan tahan lama tanpa perlu dipanasi lagi. Kali ini kita akan membuat resep rendang daging yang lebih sederhana dan simple sehingga cocok sekali untuk menu buka puasa atau resep hidangan lebaran yang sebentar lagi tiba. Walaupun cara masak rendang ini lebih sederhana dan bumbu yang digunakan juga lebih simple, kalau masalah rasa tetap saja enak dan nikmat untuk disantap bersama sepiring nasi putih atau tambahan menu buat dimakan bersama opor ayam.

Loading...

Tips Membuat Rendang Daging Super Lezat dan Empuk

Sebenarnya untuk membuat Resep Rendang Daging yang enak dan lezat, hampir semua bagian dari daging sapi bisa digunakan. Terutama yang mengandung lemak sehingga rasa masakan daging rendangnya lebih legit dan enak. Selain itu, daging yang mengnadung lemak juga lebih tahan untuk dimasak dalam jangka waktu yang agak lama dan tidak hancur. Kan gak lucu namanya kalau kita buat masakan ini dengan susah payah dan menggunakan bumbu rendang yang spesial tetapi setelah jadi dagingnya hancur bersama dengan bumbu lainnya.

Biasanya sih untuk menekan ongkos dan biaya belanja, saya lebih suka menggunakan bagian sandung lamur atau bagian brisket (daging sapi bagian dada ke atas yang banyak mengandung lemak). Jangan menggunakan daging bagian tenderloin atau para koki biasa menyebutnya has dalam. Selain teksturnya yang terlalu lembut untuk dimasak dalam jangka waktu yang lama, harganya juga cukup mahal sehingga rasanya tidak sesuai dengan kantong :).

Selain daging yang digunakan untuk masak rendang, bumbu rendang yang digunakan dan di masak juga harus diperhatikan jumlah dan komposisi bahannya. Sebenarnya bisa saja kita membeli bumbu jadi atau bumbu rendang instan yang banyak dijual di toko kelontong atau mini market sekitar kita, cuma ya kalau masalah rasa tentu hasil nya beda dengan masakan rendang yang menggunakan bumbu rempah asli yang dimasak. Untuk proses pembersihan daging sapi yang akan digunakan untuk masak rendang daging, sebaiknya tidak perlu dicuci supaya seratnya tetap terjaga. Lebih baik direbus saja sebentar untuk menghilangkan kotoran dan darah yang mungkin menempel.

1. Resep Rendang Daging Padang Sederhana

Bicara mengenai masakan daging sapi ini memang tidak lepas dari Minang atau rumah makan Padang. Ya, sebagian salah satu resep andalan rumah makan padang, rendang sapi padang memnag menjadi primadona. Mau coba yang versi praktis, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat resep rendang daging dan bumbu apa saja yang dibutuhkan di bawah ini ya.

Resep Rendang Daging Enak
Resep Rendang Daging Enak Spesial

Bahan Bahan Resep Rendang Daging Spesial Enak

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi segar yang berkualitas bagus sebanyak kurang lebih 1 kg saja. Bisa digunakan bagian mana saja, tetapi supaya lebih ekonomis dan hasilnya enak sebaiknya menggunakan bagian sandung lamur. Rebus sebentar untuk menghilangkan kotorannya lalu potong bentuk kotak (sebaiknya jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil potongannya.
  2. Batang serai ambil bagian yang berwarna putihnya saja kurang lebih sebanyak 3 batang. Cuci bersih lalu pukul pukul atau memarkan supaya mudah meresap dengan bumbu lainnya.
  3. 3 buah kelapa yang sudah diparut lalu peras santannya sampai 2500 ml. Sebaiknya teman teman menggunakan buah kelapa yang sudah tua benar supaya santanya lebih kental dan gurih rasanya.
  4. Daun kunyit kurang lebih sebanyak 1 lembar saja. Cuci bersih sebelum dimasak (bisa dihilangkan kalau susah mencarinya).
  5. Daun salam sebanyak 5 lembar saja. Cuci bersih daun salamnya sebelum digunakan.

Bumbu Rendang Daging

  1. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium dan gula pasir secukupnya sesuai selera.
  2. Jahe kurang lebih sebanyak 2 cm saja. Kupas kulitnya lalu memarkan supaya mudah dihaluskan bersama dengan dengan bumbu lainnya (untuk bumbu halus).
  3. Bawang merah sebanyak kurang lebih 1/4 kg (tergantung ukurannya). Lebih disarankan memakai bawang merah lokal supaya lebih terasa sedap (untuk bumbu halus).
  4. Laos atau lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 cm saja. Memarkan atau potong potong terlebih dahulu supaya mudah saat dihaluskan (untuk bumbu halus).
  5. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 siung saja. Kupas kulitnya lalu haluskan dengan bumbu lain (untuk bumbu halus).
  6. Buah cabai merah keriting dan rawit kurang lebih sebanyak 200 gram atau sesuai selera.
  7. Kemiri kurang lebih sebanyak 3 pcs saja (untuk bumbu halus).
  8. Ketumbar secukupnya atau kurang lebih sebanyak 4 sendok makan.
  9. Jinten halus kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  10. Adas kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  11. Cengkeh kurang lebih sebanyak 5 pcs saja atau sesuai selera.
  12. Kunyit dan lengkuas kurang lebih sebanyak 1 ruas jari dewasa saja.
  13. Pala kurang lebih sebanyak 1 butir saja.

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Yang Mudah dan Cepat

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, laos, kemiri dan bumbu rendnag lainnya sampai benar benar halus. Bisa memakai blender supaya lebih cepat dan lebih halus.
  2. Siapkan wajan ukuran agak besar supaya tidak tumpah saat memasaknya. Masukkan santan dan bumbu halusnya lalu aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata dengan api sedang saja.
  3. Masukkan daun salam, batang serai yang sudah digeprek dan daun kunyitnya (kalau ada). Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata sampai mendidih (jangan sampai tidak diaduk karena santan bisa pecah) dan mengental.
  4. Masukkan potongan daging rendangnya lalu aduk aduk lagi sampai daging empuk dan santanya menyusut dan kental.
  5. Tambahkan garam kalau dirasa perlu lalu aduk aduk lagi. Jangan lupa dicicipi dulu sebelum api dimatikan dan disajikan kemudian aduk aduk lagi sampai benar benar meresap dan warnanya kecoklatan.

2. Resep Rendang Daging Sapi Kering

Rendang biasanya memang tahan lama dan bisa disimpan untuk stok lauk. Tetapi kalau memang ingin yang lebih tahan lama, teman teman bisa membuat resep rendang sapi kering ini. Untuk yang punya anak kecil kita bisa membuat masakan tradisional Indonesia ini tanpa menggunakan cabai sama sekali. Perbedaan dengan resep rendnag daging sapi biasanya yang agak berkuah, resep ini benar benar kering sehingga cocok untuk bekal di perjalanan jauh. Buat yang ingin mencobanya, silahkan lihat bahan dan cara masaknya di resep rendang daging kering.

3. Resep Rendang Daging Sapi Spesial

Salah satu bumbu khas minang yang memberikan aroma dan citarasa khas adalah bunga pekak. Nah kebanyakan memang resep masakan daging rendang yang dimasak tidak menggunakan bumbu khas ini. Padahal kalau pakai, citarasa resep rendang daging sapi yang kita buat nanti pasti spesial dan menggugah selera setiap orang. Mau coba resep daging sapi yang pernah menjadi juara lomba masakan dengan bumbu rendang spesial? Yuk simak bahan dan langkahnya dibawah ini.

resep rendang sapi spesial
rendang sapi spesial tradisional

Bahan Utama :

  • Daging sapi segar yang tidak ada lemaknya dan sudah dipotong sesuai selera kurang lebih sebanyak 1000 gram.
  • Kelapa yang sudah tua diparut dengan air hangat kurang lebih sebanyak 3 butir dan menjadi kurang lebih 1500 cc sampai 1800 cc.
  • Bungka pekak atau bungan lawang kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Sereh diambil batang putihnya saja kurang lebih sebanyak 3 batang lalu memarkan.
  • Laos atau lengkuas ukuran sedang yang sudah dimemarkan kurang lebih sebanyak 1 ibu jari orang dewasa saja.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Daun kunyit yang sudah dicuci bersih dan disobek sobek sebelum dimasukkan kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Daun jeruk supaya aromanya lebih nendang kurang lebih sebanyak 5 pcs.

Bahan Bumbu Rendang Sapi Spesial

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 10 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 20 pcs.
  • Cabai merah besar yang sudah digiling halus kurang lebih sebanyak 100 gram.
  • Jahe ukuran sedang kurang lebih sebanyak 6 cm.
  • Merica putih halus sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.

Bahan Tambahan

  • Kelapa serundeng jadi sesuai selera dan kebutuhan atau kurang lebih sebanyak 1 sampai 2 sendok makan.
  • Air asam jawa kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Garam dapur beryodium sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil.
  • Hati sapi yang sudah direbus dan dihaluskan kalau ada kurang lebih sebanyak 25 gram.
  • Gula pasir putih secukupnya sesuai kebutuhan atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.

Cara membuat rendang sapi spesial

  1. Pertama uleg dan haluskan bawang putih, merah, cabai dan bahan bumbu lainnya sampai halus.
  2. Siapkan panci kemudian masukkan daging bersama bumbu halus diatas dan beri sedikit air lalu ungkep sampai dagingnya mengeluarkan cairan dan airnya menyusut.
  3. Ingat pakai api kecil supaya bumbu rendangnya tidak gosong ya.
  4. Masukkan santan bersama dengan laos, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, bungka lawang dan serehnya kemudian aduk aduk sampai mendidih dan jangan sampai pecah ya santannya.
  5. Masak terus dengan api kecil saja sampai santannya berminyak.
  6. Masukkan garam, gula air asam, hati sapi halus dan kelapa serundengnya.
  7. Aduk aduk kembali dan tes rasa kalau kurang bisa ditambahkan garam atau gula pasir.
  8. Aduk aduk kembali bumbunya benar benar mengental dan empuk (kurang lebih 60 sampai 90 menit)

4. Resep Rendang Padang Hitam

Bicara mengenai masakan ini kalau yang benar benar asli minang biasanya memang warnanya coklat kehitaman. Berbeda dengan rendang di rumah makan padang yang ada di Jawa yang pada umumnya masih berwarna agak kemerahan. Warna hitam kecoklatan ini sebenarnya diperoleh dari cara membuat rendnag daging padang yang memang lama sekali. Bisam sampai lebih dari 7 jam lho. Buat yang mau coba, silahkan lihat di resep rendang padang spesial khas Minang.

Ternyata cara membuat rendang daging yang enak cukup mudah bukan? Kalau dirasa dagingnya masih belum empuk tetapi santannya atau kuahnya sudah mengering, teman teman bisa menambahkan sedikit air lalu diaduk aduk lagi sampai dagingnya benar benar empuk dan siap disajikan. Kalau suka, teman teman juga bisa menambahkan bahan lain seperti tahu, kentang, telur rebus atau yang lainnya. Walaupun dengan mudah Resep Masakan Rendang ini bisa kita beli di rumah makan padang, tetapi kalau membuat sendiri Resep Rendang Daging ini tentu lebih puas dan juga menghemat anggaran belanja. Apalagi menghadapi Lebaran pasti sudah banyak biaya yang kita keluarkan. Untuk ide Resep Lebaran yang lain, silahkan mencoba Aneka Resep Opor Ayam Kuning, Opor Putih dan Opor Ayam Kering atau Cara Membuat Kue Putri Salju Yang Lembut dan Enak.

Loading...

One comment

  1. Resepnya bikin perut laper.. Hem Yummi..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *