Home » Daging » Cara Membuat Resep Rendang Daging Spesial Lebaran

Cara Membuat Resep Rendang Daging Spesial Lebaran

Resep Rendang Daging Spesial Dan Cara Mudah Membuatnya Untuk Menu Buka Puasa dan Lebaran. Siapa yang tidak kenal dengan salah satu Resep Masakan Indonesia yang cukup fenomenal ini. Ya, rendang daging bukan hanya populer di negara kita, bahkan sampai ke luar negeri pun banyak yang memuji kelezatan dan citarasa Resep Masakan Rendang ini. Apalagi kalau disajikan buat menu buka puasa atau resep masakan lebaran, pasti semua anggota keluarga menyukainya. Di negara kita, ada beberapa macam resep masak daging sapi ini yang beredar di tengah masyarakat, seperti Resep Rendang Padang, Resep Rendang Daging Jawa, Rendang Telur ataupun resep masakan rendang ayam yang juga banyak digemari oleh hampir sebagian besar masyarakat kita. Sebenarnya, semua macam resep diatas menggunakan bahan baku dan cara membuat rendang yang hampir sama. Tetapi tetap saja ada beberapa perbedaan bahan baku yang digunakan di bumbu rendang nya.

Beberapa waktu yang lalu, kami sudah memposting cara membuat rendang padang yang spesial dan bumbu rendang apa saja yang digunakan supaya masakan rendang daging sapi ini enak rasanya dan tahan lama tanpa perlu dipanasi lagi. Kali ini kita akan membuat resep rendang daging yang lebih sederhana dan simple sehingga cocok sekali untuk menu buka puasa atau resep hidangan lebaran yang sebentar lagi tiba. Walaupun cara masak rendang ini lebih sederhana dan bumbu yang digunakan juga lebih simple, kalau masalah rasa tetap saja enak dan nikmat untuk disantap bersama sepiring nasi putih atau tambahan menu buat dimakan bersama opor ayam.

Sebenarnya untuk membuat Resep Rendang Daging yang enak dan lezat, hampir semua bagian dari daging sapi bisa digunakan. Terutama yang mengandung lemak sehingga rasa masakan daging rendangnya lebih legit dan enak. Selain itu, daging yang mengnadung lemak juga lebih tahan untuk dimasak dalam jangka waktu yang agak lama dan tidak hancur. Kan gak lucu namanya kalau kita buat masakan ini dengan susah payah dan menggunakan bumbu rendang yang spesial tetapi setelah jadi dagingnya hancur bersama dengan bumbu lainnya. Biasanya sih untuk menekan ongkos dan biaya belanja, saya lebih suka menggunakan bagian sandung lamur atau bagian brisket (daging sapi bagian dada ke atas yang banyak mengandung lemak). Jangan menggunakan daging bagian tenderloin atau para koki biasa menyebutnya has dalam. Selain teksturnya yang terlalu lembut untuk dimasak dalam jangka waktu yang lama, harganya juga cukup mahal sehingga rasanya tidak sesuai dengan kantong :).

Selain daging yang digunakan untuk masak rendang, bumbu rendang yang digunakan dan di masak juga harus diperhatikan jumlah dan komposisi bahannya. Sebenarnya bisa saja kita membeli bumbu jadi atau bumbu rendang instan yang banyak dijual di toko kelontong atau mini market sekitar kita, cuma ya kalau masalah rasa tentu hasil nya beda dengan masakan rendang yang menggunakan bumbu rempah asli yang dimasak. Untuk proses pembersihan daging sapi yang akan digunakan untuk masak rendang daging, sebaiknya tidak perlu dicuci supaya seratnya tetap terjaga. Lebih baik direbus saja sebentar untuk menghilangkan kotoran dan darah yang mungkin menempel. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat resep rendang daging dan bumbu apa saja yang dibutuhkan di bawah ini ya.

Resep Rendang Daging Enak
Resep Rendang Daging Enak Spesial

Bahan Bahan Resep Rendang Daging Spesial Enak

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi segar yang berkualitas bagus sebanyak kurang lebih 1 kg saja. Bisa digunakan bagian mana saja, tetapi supaya lebih ekonomis dan hasilnya enak sebaiknya menggunakan bagian sandung lamur. Rebus sebentar untuk menghilangkan kotorannya lalu potong bentuk kotak (sebaiknya jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil potongannya.
  2. Batang serai ambil bagian yang berwarna putihnya saja kurang lebih sebanyak 1 batang. Cuci bersih lalu pukul pukul atau memarkan supaya mudah meresap dengan bumbu lainnya.
  3. 3 buah kelapa yang sudah diparut lalu peras santannya. Sebaiknya teman teman menggunakan buah kelapa yang sudah tua benar supaya santanya lebih kental dan gurih rasanya.
  4. Daun kunyit kurang lebih sebanyak 1 lembar saja. Cuci bersih sebelum dimasak (bisa dihilangkan kalau susah mencarinya).
  5. Asam kandis supaya aroma rendangnya lebih terasa kurang lebih sebanyak 1-2 biji saja.
  6. Daun jeruk purut yang masih segar dan tidak layu sebanyak 1-2 lembar saja. Cuci bersih daun jeruknya sebelum digunakan.
  7. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya sesuai selera.
  8. Jahe kurang lebih sebanyak 2 cm saja. Kupas kulitnya lalu memarkan supaya mudah dihaluskan bersama dengan dengan bumbu lainnya (untuk bumbu halus).
  9. Bawang merah sebanyak kurang lebih 10-12 siung (tergantung ukurannya). Lebih disarankan memakai bawang merah lokal supaya lebih terasa sedap (untuk bumbu halus).
  10. Laos ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 cm saja. Memarkan atau potong potong terlebih dahulu supaya mudah saat dihaluskan (untuk bumbu halus).
  11. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4-5 siung saja. Kupas kulitnya lalu haluskan dengan bumbu lain (untuk bumbu halus).
  12. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 6 pcs-8 pcs atau sesuai selera. Jangan memakai cabai rawit karena aromanya nanti berbeda (untuk bumbu halus).
  13. Kemiri kurang lebih sebanyak 4 pcs saja (untuk bumbu halus).

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Yang Mudah dan Cepat

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, laos dan kemirinya sampai benar benar halus. Bisa memakai blender supaya lebih cepat dan lebih halus.
  2. Siapkan wajan ukuran agak besar supaya tidak tumpah saat memasaknya. Masukkan santan dan bumbu halusnya lalu aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata dengan api sedang saja.
  3. Masukkan asam kandis, daun jeruk purutnya, batang serai yang sudah digeprek dan daun kunyitnya (kalau ada). Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata sampai agak mendidih (jangan sampai tidak diaduk karena santan bisa pecah).
  4. Masukkan potongan daging rendangnya lalu aduk aduk lagi sampai daging empuk dan santanya menyusut dan kental.
  5. Tambahkan garam kalau dirasa perlu lalu aduk aduk lagi. Jangan lupa dicicipi dulu sebelum api dimatikan dan disajikan.

Ternyata cara membuat rendang daging yang enak cukup mudah bukan? Kalau dirasa dagingnya masih belum empuk tetapi santannya atau kuahnya sudah mengering, teman teman bisa menambahkan sedikit air lalu diaduk aduk lagi sampai dagingnya benar benar empuk dan siap disajikan. Kalau suka, teman teman juga bisa menambahkan bahan lain seperti tahu, kentang, telur rebus atau yang lainnya. Walaupun dengan mudah Resep Masakan Rendang ini bisa kita beli di rumah makan padang, tetapi kalau membuat sendiri Resep Rendang Daging ini tentu lebih puas dan juga menghemat anggaran belanja. Apalagi menghadapi Lebaran pasti sudah banyak biaya yang kita keluarkan. Untuk ide Resep Lebaran yang lain, silahkan mencoba Aneka Resep Opor Ayam Kuning, Opor Putih dan Opor Ayam Kering atau Cara Membuat Kue Putri Salju Yang Lembut dan Enak.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *