Home » Daging » Cara Membuat Resep Krengsengan Daging Supaya Empuk dan Enak

Cara Membuat Resep Krengsengan Daging Supaya Empuk dan Enak

Resep Krengsengan Daging Sapi dan kambing Beserta Bumbu dan Tips Cara Membuatnya Sehingga Empuk dan Lezat. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, protein adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tidak hanya anak anak yang lagi masa pertumbuhan, orang dewasa maupun manula pun sangat membutuhkan zat ini. Salah satu sumber protein terbesar berasal dari daging sapi ataupun daging kambing. Ya, selain protein, resep masakan berbahan dasar daging juga banyak memberikan kalsium, zat besi dan zat penting lainnya. Banyak sekali resep masakan daging sapi yang bisa kita buat, salah satunya adalah resep daging krengsengan. Resep krengsengan daging sapi ini mungkin memang tidak begitu terkenal, tetapi kalau masalah rasa tidak kalah dengan resep daging sapi yang lain, seperti semur, rendang, gulai, sate ataupun yang lainnya. Dengan menggunakan bumbu krengsengan spesial ditambah juga cara membuat krengsengan daging sapi ini juga cukup mudah, resep kali ini bisa menjadi pilihan buat teman teman yang kebetulan bosan dengan menu masakan yang biasanya.

Kalau melihat dari tampilannya, resep krengsengan daging sapi ini sepintas memang mirip sekali dengan resep semur daging betawi. Bahan bahan dan bumbu krengsengan daging yang digunakan memang hampir sama, cuma resep kali ini lebih sederhana dan penggunaan kecap manisnya juga lebih sedikit daripada resep semur daging. Di krengsengan daging ini juga menggunakan beberapa buah cabai sehingga citarasanya sedikit pedas. Kalau memang teman teman ingin membuat hidangan buat anak anak atau ada anggota keluarga yang tidak suka pedas, jumlah buah cabai yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera. Untuk cara membuat krengseng daging supaya hasilnya enak sebaiknya daging yang digunakan tidak perlu dicuci dengan air sehingga tekstur daging bisa dijaga dan citarasanya lebih enak dan natural.

Selain menggunakan daging sapi, bumbu resep dibawah ini juga bisa digunakan untuk membuat krengsengan ayam ataupun resep krengsengan kambing. Untuk yang mau mencoba dengan daging kambing, jangan lupa daging kambing yang akan digunakan direndam dulu sebentar menggunakan parutan nanas muda supaya lebih empuk. Selain itu daging kambingnya jangan dicuci dengan air dingin supaya bau prengusnya tidak keluar saat kita mau menyantap krengsengan kambingnya. Untuk lebih jelasnya silahkan melihat bahan dan bumbu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat resep krengseng daging dibawah ini.

Resep Krengsengan Daging Sapi
Resep Krengsengan Daging Sapi Enak

Bahan bahan Resep Krengsengan Daging Sapi Spesial

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi yang masih segar kurang lebih sebanyak 0.5 kg. Potong potong daging bentuk dadu dengan ukuran sesuai selera. Daging sapi yang digunakan tidak perlu dicuci terlebih dahulu karena akan mengakibatkan kontaminasi dan bakteri dari air masuk.
  2. Petis udang kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja. Jangan terlalu banyak karena rasanya nanti akan eneg.
  3. Buah tomat segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 buah. Cuci bersih tomat lalu potong potong menjadi beberapa bagian (potong vertikal sebanyak 8-10 bagian).
  4. Buah cabai merah sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-4 pcs. Cuci bersih cabainya lalu iris iris kecil menyerong.
  5. Buah cabai rawit hijau sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-5 pcs. Cuci bersih cabai rawitnya lalu iris serong sesuai selera.
  6. Kecap manis kentalĀ  kualitas bagus sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 5 sendok makan saja.
  7. Air bersih secukupnya untuk merebus daging dan campuran resep masakan daging krengsengnya.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  9. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
  10. Emping goreng dan bawang goreng secukupnya sebagai bahan pelengkap.
  11. Minyak sayur secukupnya atau margarin untuk menumis bumbu krengseng daging sapinya.

Bumbu Krengsengan Daging Spesial

  1. Buah cabai rawit sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-5 pcs. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera.
  2. Lada halus atau bubuk sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  3. Buah cabai merah segar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-4 pcs.
  4. Bawang merah ukuran sedang kecil kurang lebih sebanyak 3 siung. Kupas kulit luarnya lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah saat akan dihaluskan.
  5. Bawang putih lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2-3 siung. Kupas kulit liuar bawang lalu potong menjadi beberapa bagian.

Cara Membuat Krengseng Daging Sapi Yang Mudah dan Cepat

  1. Langkah pertama siapkan panci dan beri air secukupnya (sampai semua bagian daging terendam air). Masak sampai air mendidih.
  2. Setelah air mendidih masukkan daging sapi yang akan digunakan. Buang kotoran dan busa yang keluar. Setelah agak empuk matikan dan buang airnya.
  3. Sambil menunggu daging sapi yang digunakan matang, haluskan dengan cara diuleg bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah dan lada bubuknya.
  4. Siapkan wajan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak atau margarin secukupnya.
  5. Masukkan bumbu krengseng yang sudah dihalusknan diatas dan aduk aduk bumbunya sampai tercium bau harum khas tumisannya.
  6. Masukkan daging sapi yang sudah direbus sebelumnya lalu aduk aduk kembali dan masak sampai bumbu meresap dan daging sapinya berubah warnanya.
  7. Masukkan kecap manis, garam beryodium sesuai selera, gula putih dan petis udangnya. Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  8. Masukkan lada putih sesuai sleera dan air bersih secukupnya (kurang lebih sebanyak 100 ml) lalu aduk aduk kembali.
  9. Masukkan tomat dan cabai yang sudah dopotong potong sebelumnya lalu aduk aduk kembali.
  10. Masak dan rebus sampai dagingnya benar benar empuk.
  11. Tambahkan garam, lada dan gula pasir apabila diperlukan sebelum api dimatikan dan hidangan diangkat.

Bagaimana menurut teman teman resep krengsengan daging sapi diatas? walaupun cara membuatnya cukup sederhana dan bumbu krengsengan yang digunakan tidak terlalu banyak, resep masakan daging sapi diatas tidak kalah enak dan lezat kok dibandingkan resep daging lain. Selain itu kandungan gizi, zat besi dan proteinnya juga cukup banyak sehingga cocok sekali untuk dinikmati bersama seluruh anggota keluarga. Tentu saja buat teman teman atau anggota keluarga yang menderita hypertensi, kolesterol atau asam urat sebaiknya tidak menyantap resep daging krengsengan sapi ini dalam jumlah banyak. Untuk ide resep daging sapi yang lain, silahkan mencoba Resep Beef Yakiniku ala Hokben atau Cara Membuat Empal Gentong Khas Cirebon.

Loading...
Loading...

About ipenk

Admin adalan seorang ayah dan suami yang mempunyai hobi menulis dan senang mencoba berbagai macam resep masakan untuk keluarga di rumah di sela sela waktu senggang. Resep merupakan hasil kreasi dan sudah diuji di dapur dan sebagian merupakan resep teman teman blogger yang bergelut di bidang kuliner dan sudah teruji. Buat teman teman yang ingin berbagi resep andalan keluarga bisa mengirimkan kepada kami melalui halaman kontak yang ada di website Resep Masakan Indonesia dan Facebook. Akhir kata selamat berkreasi di dapur dan semoga mendapatkan wawasan baru mengenai keaneka ragaman kuliner Indonesia.