Home » Minuman » Cara Membuat Resep Jamu Beras Kencur dan Manfaat Kesehatan

Cara Membuat Resep Jamu Beras Kencur dan Manfaat Kesehatan

Cara mudah membuat Jamu Beras Kencur dan Manfaatnya buat kesehatan. Siang siang di saat cuaca lagi panas panasnya paling enak memang minum ES. Tapi biasanya minum es tidak terlalu baik buat anak anak atau orang yang lagi dalam kondisi kurang baik. Tetapi kalau kita membuat Es Beras Kencur, pasti menyegarkan. Tidak cuma dahaga yang hilang, khasiat jamu beras kencur memang sangat baik untuk mengembalikan stamina, mengurasi rasa sakit dan memperbaiki kondisi tubuh yang lagi drop. Memang manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan sangat banyak. Bukan hanya itu saja, resep jamu asli Indonesia ini memberikan banyak manfaat beras kencur buat kecantikan dan tentu saja manfaat buat ibu menyusui.

Yang menjadi masalah utama adalah biasanya rasa dan kandungan gizi dari penjual jamu beras kencur keliling tidak murni. Mereka biasanya menggunakan bahan bahan ekstrakan yang mengurangi manfaat dan khasiat jamu beras kencur buat kesehatan. Belum lagi rasanya yang hampir didominasi oleh rasa tepung. Tetapi mungkin ini tidak berlaku buat teman teman yang tinggal di daerah. Biasanya penjual jamu kelilingnya masih menggunakan bahan bahan asli sehingga rasa dan manfaatnya masih terjaga dan baik buat kesehatan. Nah, buat teman teman yang kebetulan tinggal di kota besar atau tidak ada penjual jamu keliling, kita akan memberikan cara membuat Resep Beras Kencur yang segar dan bermanfaat buat kesehatan.

Kalau melihat namanya, pasti teman teman sudah punya gambaran Resep Jamu Beras Kencur ini terbuat dari bahan apa saja. Ya, sesuai namanya, bahan utama resep beras kencur adalah beras dan kencur, salah satu tanaman obat yang termasuk dalam suku temu temuan. Tentu saja, masih banyak lagi tanaman obat yang digunakan untuk membuat minuman jamu ini, seperti jahe, kunyit dan yang lainnya. Oleh karena itu, manfaat dan khasiat minuman jamu beras kencur ini sudah terbukti bagus sekali untuk kesehatan ibu menyusui dan untuk kecantikan. Bahkan berdasarkan penelitian terbaru, manfaat Karena kita juga menggunakan beras sebagai bahan pembuatan jamu ini, teman teman harus berhati hati dalam pemilihan beras yang akan digunakan. Jangan menggunakan beras yang beraroma wangi karena akan mengakibatkan jamunya nanti juga akan tercium bau wangi. Oke, untuk lebih jelasnya silahkan melihat bahan dan cara membuat beras kencur di bawah.

Resep Jamu Beras Kencur Segar
Membuat Resep Jamu Beras Kencur Segar

Bahan bahan Resep Jamu Beras Kencur Enak

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah beras kurang lebih sebanyak 200 gram. Gunakan beras yang putih bersih dan tidak beraroma.
  2. Tumbuhan akar rimpang Kencur yang berukuran sedang besar sepanjang kurang lebih 6 jari orang dewasa.
  3. Rimpang Kunyit yang berukuran sedang kecil sepanjang 2 jari orang dewasa. Cuci bersih sebelum digunakan.
  4. Asam Jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  5. Gula Jawa kurang lebih sebanyak 240-260 gram.
  6. Jahe lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanjang 2 jari orang dewasa. Cuci bersih sebelum digunakan.
  7. Daun Pandan segar kurang lebih sebanyak 2 pcs saja. Cuci bersih sebelum digunakan.
  8. Buah Jeruk nipis ukuran sedang besar sebanyak 2 buah saja. Belah menjadi beberapa bagian dan ambil air perasan jeruknya.
  9. Garam dapur beryodium dan air bersih matang secukupnya.
  10. Gula pasir secukupnya apabila dibutuhkan.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur Mudah

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merendam 200 gram beras yang sudah dipersiapkan dengan air bersih selama kurang lebih 3 jam.
  2. Ambil panci buat rebusan. Masukkan kurang lebih 6 gelas air bersih ke dalamnya dan hidupkan kompor dengan api sedang.
  3. Masukkan jahe, asam jawa, daun pandan, kencur, kunyit dan gula jawa ke dalam pancinya. Aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata dan sempurna.
  4. Aduk aduk lagi dan tunggu sampai air rendaman mendidih lalu matikan. Saring air rendaman dengan saringan supaya ampas daun pandan, kunyit, kencur dan jahenya terpisah dari airnya.
  5. Ambil ampas atau rendaman jahe dan kunyitnya. Tumbuk halus bersama kencur dan beras yang tadi sudah direndam dengan air selama kurang lebih 3 jam. Tumbuk semua bahan tersebut sampai benar benar halus.
  6. Letakkan tumbukan bahan bahan di atas diatas saringan. Siram dengan air rebusan rendaman dari panci pertama supaya rasa dan aroma beras kencurnya lebih terasa.
  7. Masukkan air jeruk nipis yang sudah diperas ke dalam air siraman di atas. Tambahkan garam secukupnya (sedikit saja).
  8. Cicipi dulu sebelum dihidangkan. Kalau dirasa kurang manis, teman teman bisa menambahkan gula pasir secukupnya.

Bagaimana menurut teman teman cara membuat jamu beras kencur di atas? Memang kelihatannya agak ribet, tetapi sebenarnya gampang dan tidak membutuhkan waktu yang lama lho (kecuali merendam berasnya). Selain manfaatnya buat kecantikan dan ibu menyusui, resep jamu beras kencur ini juga diyakini bisa menambah nafsu makan, menghilangkan capek dan menyembuhkan beberapa macam penyakit ringan, seperti perut kembung, sariawan, batuk dan yang lainnya. Untuk ide membuat minuman segar yang lain, silahkan mencoba Resep ES Kacang Merah Dengan Santan dan Resep Es Pisang Hijau.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *