Home » Daging » Cara Membuat Resep Dendeng Balado Renyah Asli Padang

Cara Membuat Resep Dendeng Balado Renyah Asli Padang

Resep Dendeng Balado dan cara mudah membuatnya. Ada banyak resep masakan daging yang ada di tengah masyarakat kita. Sebut saja beberapa resep yang cukup terkenal, seperti resep rendang daging, soto daging, semur daging dan yang lainnya. Kali ini, saya akan mengajak teman teman untuk membuat satu resep spesial yang cukup terkenal juga di negara kita, yaitu Resep Dendeng Balado Padang. Buat teman teman yang pernah jalan jalan di daerah Padang pasti tahu dong bahwa makanan ini terdiri dari 2 macam jenis dendeng sapi balado, yaitu daging dendeng balado basah dan dendeng balado kering yang biasanya dijadikan oleh oleh untuk wisatawan yang berkunjung di daerah Padang. Tetapi apakah teman teman sudah tahu bagaimana cara membuat dendeng balado yang renyah dan enak?

Sebenarnya sih masakan ini bukan cuma terkenal di daerah Padang saja, tetapi sudah menyebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya di ibukota Sumatera Barat itu saja kita bisa menemukan penjual dendeng balado yang renyah dan enak. Cuma ya biasanya penjualnya memang tidak sebanyak yang ada di Padang. Teman teman yang mungkin salah satu penggemar dendeng sapi balado mungkin agak kesulitan untuk mengobati rindu dengan masakan daging sapi tersebut. Atau mungkin teman teman berencana untuk membuka usaha kulier atau menambah variasi menu masakan yang ada, sebaiknya memang mencoba untuk membuat Resep Dendeng Balado sendiri di rumah. Tentu saja membeli lebih praktis daripada membuat sendiri, tetapi kalau kita mengetahui cara membuat dendeng sendiri pasti hasilnya lebih enak dan renyah daripada membelinya. Selain itu, kita benar benar bisa memastikan bahwa bahan bahan yang digunakan benar benar berkualitas dan hasilnya pun pasti lebih lezat.

Seperti membuat resep daging yang lain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara membuat dendeng ini. Pada dasarnya, proses membuat resep dendeng balado khas Padang ini terbagi menjadi dua, yaitu membuat dendeng sapi nya dan resep balado nya. Pada dasarnya, semua bagian dari daging sapi bisa digunakan, tetapi kalau teman teman ingin membuat masakan spesial buat keluarga, sebaiknya menggunakan daging sapi bagian has dalam. Sebaiknnya daging tidak perlu dicuci supaya serat dan teksturnya tetap terjaga. Cukup direbus dengan air sebelum dimasak supaya kotoran dan darah yang menempel hilang. Daging sapi yang digunakan untuk membuat dendeng balado basah atau dedeng balado kering sebaiknya direbus dalam potongan besar sampai empuk, baru kemudian di potong potong sesuai selera. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detai resep dan bumbu yang digunakan di bawah.

resep dendeng balado enak
resep dendeng balado enak khas padang

Bahan dan Resep Dendeng Balado Padang

  1. Bahan utama yang digunakan adalah 1 kg daging sapi kualitas bagus. Gunakan bagian sapi has dalam atau bagian lain yang mempunyai kandungan lemak sedikit. Rebus daging sampai mendidih untuk menghilangkan kotoran sehingga tidak perlu dicuci dan kemudian tiriskan sebentar.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 6-7 siung. Kupas kulitnya dan pukul pukul kasar (geprak) 3 pcs bawang untuk rebusan dan sisanya dihaluskan untuk rendaman daging supaya lebih meresap.
  3. Buah pekak kurang lebih 3 pcs saja.
  4. Bawang merah lokal ukuran sedang besar sebanyak 3 siung. Kupas kulitnya dan haluskan untuk bahan rendaman.
  5. Lada putih halus atau bubuk kurang lebih sebanyak satu sendok keci untuk bahan rendaman.
  6. Ketumbar kurang lebih sebanyak satu sendok kecil atau sendok teh saja untuk bahan rendaman. Haluskan.
  7. Garam dapur beryodium secukupnya untuk bahan rendaman.
  8. Gula pasir putih secukupnya untuk bahan rendaman.
  9. Air bersih secukupnya untuk merebus daging dendengnya dan untuk membuat bumbu rendamannya.
  10. Buah cabai merah besar sebanyak 3-4 pcs. Cuci bersih dan belah dua untuk dibuang isinya dan tumbuk tumbuk kasar (bumbu balado).
  11. Buah cabai keriting 5-8 pcs atau sesuai selera. Cuci bersih dan tumbuk tumbuk kasar  (bumbu balado).
  12. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja (bumbu balado).
  13. Daun jeruk ukuran sedang sebanyak 3 pcs (bumbu balado).
  14. Bawang merah lokal ukuran sedang besar sebanyak 8-9 siung. Kupas kulitnya dan iris tipis tipis (bumbu balado).
  15. Air asam kurang lebih sebanyak dua sendok makan saja untuk campuran bumbu baladonya (terbuat dari 2 sendok teh asam jawa dan 4 sendok makan air).
  16. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng daging dendeng dan menumis bumbu balado.

Cara Membuat Resep Dendeng Balado Enak Renyah

  1. Langkah pertama adalah membuat dendeng daging sapinya.
  2. Siapkan panci lagi dan isi dengan air bersih secukupnya. Masukkan lada putih sebanyak 1 sendok teh, bawang putih yang sudah digeprak, garam secukupnya dan buah pekaknya. Aduk aduk sebentar supaya semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan daging sapi yang sudah direbus sebelumnya ke dalam panci di atas. Rebus daging sapi sampai empuk sambil di bolak balik. Angkat daging dan tiriskan setelah matang lalu potong potong sesuai selera. Cara memotong daging yang benar adalah mengikuti alur serat dagingnya.
  4. Sambil menunggu daging dendeng diaatas matang, kita bisa menyiapkan bahan untuk rendaman dagingnya.
  5. Ambil satu wadah lagi agak besar dan masukkan bumbu bumbu halus untuk bahan rendamannya (bawang putih, bawang merah, ketumbar, air asam dan lada putih).
  6. Tuang air secukupnya dan aduk aduk semua bahan supaya tercampur rata.
  7. Tambahkan garam dapur dan gula pasir secukupnya dan kemudian aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata.
  8. Ambil daging yang sudah dipotong potong dan pukul pukul sedikit dengan benda tumpul supaya lebih empuk dan bentuknya agak melebar dan pipih.
  9. Masukkan daging diatas ke dalam wadah bumbu rendaman sampai semua bagian tertutup air. Diamkan selama kurang lebih 50-60 menit supaya bumbu meresap ke dalamnya.
  10. Setelah direndam goreng daging diatas ke dalam wajan yang berisi minyak banyak dengan api sedang sampai daging berwarna agak kehitaman (jaga jangan sampai hitam hangus). Angkat setelah matang dan tiriskan. Ulangi untuk semua daging.
  11. Langkah kedua adalah membuat bumbu baladonya.
  12. Siapkan wajan dengan api kecil sedang dan beri minyak secukupnya (kurang lebih sebanyak 6-7 sendok makan).
  13. Masukkan bawang merah yang sudah diiris dan tumis sampai matang.
  14. Masukkan cabai merah dan cabai rawit yang sudah di tumbuk/uleg kasar, garam dapur beryodium, air asam dan daun jeruknya.
  15. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  16. Masukkan daging dendeng ke dalam bumbu baladonya. Aduk aduk kembali sebentar sampai semua bumbu tercampur rata.
  17. Angkat dan hidangkan dendeng baladonya.

Mungkin buat yang belum pernah mencobanya, cara membuat resep dendeng balado di atas agak susah dan membutuhkan watu yang lama. Tetapi semua itu sebanding dengan cita rasa yang akan kita dapatkan nantinya. Selain enak, dendeng ini juga termasuk makanan yang tahan lama asal saat memasaknya benar benar kering. Untuk ide memasak resep masakan padang yang lain, silahkan mencoba Resep Rendang Padang dan Resep Udang Saus Padang.

Loading...
Loading...

About ipenk

Admin adalan seorang ayah dan suami yang mempunyai hobi menulis dan senang mencoba berbagai macam resep masakan untuk keluarga di rumah di sela sela waktu senggang. Resep merupakan hasil kreasi dan sudah diuji di dapur dan sebagian merupakan resep teman teman blogger yang bergelut di bidang kuliner dan sudah teruji. Buat teman teman yang ingin berbagi resep andalan keluarga bisa mengirimkan kepada kami melalui halaman kontak yang ada di website Resep Masakan Indonesia dan Facebook. Akhir kata selamat berkreasi di dapur dan semoga mendapatkan wawasan baru mengenai keaneka ragaman kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *