Home » Ayam » Cara Membuat dan Bumbu Resep Ayam Bakar Kalasan

Cara Membuat dan Bumbu Resep Ayam Bakar Kalasan

Resep Ayam Bakar Kalasan Dengan Bumbu Spesial Beserta Tips Cara Membuatnya. Seperti yang sudah kita bersama, kota Jogja atau Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan kualitas pendidikannya saja, tetapi juga mempunyai banyak keanekaragaman wisata budaya dan kulinernya. Siapa yang tidak kenal dengan gudeg, batik, bakpia atau keraton Yogyakarta. Nah, kali ini sehubungan dengan mendekatinya pergantian tahun, saya akan mengajak teman teman untuk membuat resep ayam bakar kalasan. Kalau melihat tampilannya, ayam bakar dengan bumbu ayam kalasan ini tidak jauh berbeda dengan ayam kecap, ayam kecap madu atau jenis resep ayam bakar lainnya. Tetapi buat yang sudah pernah mencicipi resep ayam kalasan tentu tahu bedanya dengan resep yang lain. Memang citarasa nya tidak sepedas ayam bakar taliwang atau bumbu rujak, tetapi wajib dicoba juga lho. Apalagi cara membuat ayam bakar bumbu kalasan ini cukup mudah dan praktis kok.

Selain rasanya yang enak, gurih, lezat dan khas, cara membuat ayam bakar kalasan Jawa Tengah ini juga sangat simpel dan praktis lho. Cocok sekali buat teman teman yang lagi merencanakan kegiatan dan menu apa yang akan disajikan untuk acara tahun baru nanti. Tentu saja, selain resep yang akan kita buat ini, kita juga bisa membuat ikan bakar. Tetapi tentu saja, resep ayam bakar kalasan ini jauh lebih praktis dan gampang untuk mengolahnya. Selain itu, tentu lebih ekonomis karena bumbu kalasan nya mudah didapat dan kalau dibandingkan harga daging ayam tentu jauh lebih murah daripada ikan Gurame, Kakap atau jenis ikan lainnya yang biasanya dibuat untuk hidangan bakaran atau panggang.

Buat teman teman yang tinggal di Jawa Tengah mungkin sudah paham betul asal usul resep bumbu kalasan ini, tetapi buat yang belum tahu tidak ada salahnya bukan untuk mengetahuinya. Resep Ayam dengan bumbu Kalasan ini berasal dari daerah Kalasan di kota Sleman. Sebenarnya daerah ini masuk ke propinsi Yogyakarta, tetapi banyak yang mengira bahwa Sleman adalah salah satu daerah di Jawa Tengah. Selain resep ayam bakar kalasan, bumbu bumbu khas dari resep ini sebenarnya juga bisa dikombinasikan menjadi kreasi ayam goreng kalasan yang lezat. Tentu, supaya hasilnya sempurna, disarankan untuk menggunakan ayam kampung yang segar supaya rasanya lebih enak dan gurih. Tetapi ayam potong yang banyak dijual di supermarket atau pasar pasar tradisional juga bisa digunakan asal masih segar dan bagus kondisinya.

Seperti kebanyakan resep ayam bakar dari daerah lain, resep ayam bakar bumbu kalasan ini juga menggunakan berbagai macam rempah rempah tradisional. Komposisi bahannya memang unik sehingga menghasilkan citarasa yang khas apabila dibandingkan dengan resep ayam bakar bumbu taliwang atau yang lainnya. Kalau hanya melihat bahan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat ayam bakar kalasan ini mungkin hampir sama dengan yang lain. Sebagian besar teman teman tentu sudah pernah mencoba ayam mbok Berek bukan. Nah menurut desas desus informasi yang beredar, resep ayam mbok Berek sebenarnya juga menggunakan bumbu ayam kalasan yang sudah dimodifikasi dengan bumbu rahasia mereka sendiri.

Loading...

Tetapi dengan perbandingan jumlah dan kompisisi yang beda, ternyata citarasa yang dihasilkannya juga berbeda dan memberikan ciri khas tersendiri. Satu hal yang membuatnya berbeda adalah ayam yang digunakan nanti harus direndam dan direbus bersama rebusan bumbu dan santannya. Tentu saja, tips cara membuat resep ayam bakar kalasan juga harus diperhatikan, yaitu jangan sampai nanti santan yang direbus pecah. Untuk itu harus sering diaduk aduk supaya lebih meresap. Buat yang tidak suka pedas, resep ayam bakar kalasan ini bisa langsung disantap bersama nasi putih dan lalapan sayur segar. Tetapi buat yang suka pedas, nanti kita akan berikan juga resep sambal spesial untuk menemani dan menambah citarasanya. Buat yang sudah tidak sabar, silahkan mempersiapkan bumbu bumbu dan melihat cara membuatnya dibawah ini.

resep ayam bakar kalasan spesial
resep ayam bakar kalasan spesial enak

Bahan bahan Ayam Bakar Kalasan Yang Enak dan Lezat

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah 1 ekor ayam yang ukurannya cukup besar. Potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. Bisa juga cuma dibelah tetapi jangan sampai putus untuk membuat 1 ekor. Disarankan untuk menggunakan ayam kampung, tetapi ayam potong juga boleh.
  2. Lengkuas yang sudah dimemarkan sebelumnya kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  3. Daun salam kurang lebih sebanyak 2-3 lembar saja.
  4. Batang serai diambil bagian putihnya saja yang sudah dimemarkan kurang lebih sebanyak 1-2 batang saja.
  5. Air kelapa untuk menambah aroma dan rasa khasnya kurang lebih sebanyak 250 cc saja.
  6. Santan yang tidak terlalu kental kurang lebih sebanyak 500 cc saja.
  7. Gula merah untuk memperkuat rasanya kurang lebih sebanyak 50 gram saja. Sisir halus gula sebelum dicampur dengan bahan lain.
  8. Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu ayam kalasannya.

Bahan Bumbu Resep Ayam Bakar Kalasan

  1. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs saja. Kupas kulitnya lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
  2. Kemiri ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2-4 butir saja.
  3. Bawang merah ukuran sedang kurang lebih sebanyak 7 pcs saja. Bawang merah dikupas lalu dipotong potong supaya mudah saak akan dihaluskan.
  4. Jinten sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil saja.
  5. Ketumbar supaya aroma dan rasanya lebih gurih kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.

Cara Membuat Resep Ayam Bakar Bumbu Kalasan Yang Mudah dan Praktis

  1. Langkah pertama adalah haluskan berbagai macam bumbu diatas, seperti bawang merah, bawang putih, jiten, kemiri, ketumbar dan garam secukupnya sampai benar benar halus.
  2. Masak dan tumis bumbu hakus diatas sambil diaduk aduk sampai matang dan tercium bau harum khas tumisan.
  3. Siapkan panci untuk merebus ukuran agak besar lalu masukkan santan, air kelapa dan bumbu tumisan diatas. Aduk aduk sebentar sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan daun salam, batang serai yang sudah dimemarkan dan lengkuasnya lalu aduk aduk kembali sampai mendidih. Jangan lupa untuk tetap diaduk aduk supaya santanya nanti tidak pecah.
  5. Setelah ayam dibersihkan dan dipotong sesuai selera, masukkan ke dalam panci bumbu diatas dan tambahkan gula merah yang sudah disisir sebelumnya.
  6. Masak sambil sering diaduk aduk sampai daging ayamnya matang, empuk dan kuah bumbunya menyusut.
  7. Siapkan bakaran atau bisa juga memakai panggangan teflon.
  8. Bakar daging ayamnya sambil sesekali diolesi sisa bumbunya sampai berubah warna kecoklatan. Jangan lupa dibalik supaya tidak gosong. Ulangi sampai semua daging ayamnya matang.

Bahan dan Cara Membuat Sambal Terasi Limau Khas Kalasan Jawa Tengah
– Buah cabai merah segar ukuran sedang sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 8-10 buah. Cuci bersih dan buang tangkainya sebelum digunakan.
– Jeruk limau ukuran sedang besar sebanyak 1-2 buah saja.
– Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
– Gula merah sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
– Terasi yang kualitasnya bagus secukupnya atau sekitar 1/2 sendok kecil saja.
– Cara membuatnya haluskan dan uleg semua bahan (kecuali jeruk limau sampai benar benar halus baru kemudian diberi perasan jeruk limau diatasnya.

Walaupun tampilannya tidak berbeda jauh dengan ayam bakar bumbu kecap, tetapi ternyata resep ayam bakar kalasan diatas tidak menggunakan kecap bukan. Warna coklat nya disebabkan oleh santan yang membentuk karamel saat dibakar. Untuk sambal sebagai teman makan ayam bakar bumbu kalasan diatas bisa menggunakan resep sambal diatas atau sambal terasi kesukaan masing masing. Untuk ide resep masakan khas Jawa Tengah yang lain, silahkan mencoba Gudeg Spesial Asli Bumbu Jogya atau Ayam Bakar Bumbu Rujak buat teman teman yang hobi makan pedas.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *