Home » Daging » Bumbu Resep Tengkleng Kambing Enak Spesial Solo

Bumbu Resep Tengkleng Kambing Enak Spesial Solo

Resep Tengkleng Kambing dan Bumbu Serta Tips Mudah Cara Membuatnya. Buat teman teman yang kebetulan tinggal di Solo dan sekitarnya atau pernah tinggal di daerah Solo dan sekitarnya pasti kenal dengan Resep Masakan Indonesia dengan bahan dasar kambing ini. Ya, saya sendiri juga mengenal dan mencicipi pertama kali tengkleng kambing solo saat lulus SMA dan kos di Solo. Sebenarnya tidak hanya dari kambing, tetapi ada juga tengkleng daging sapi cuma kalau yang umum memang menggunakan daging kambing yang ada tulangnya. Kalau dari tampilannya sih pertama kali melihat saya mengira resep masakan kambing ini resep gule tetapi ternyata ada beberapa perbedaan di bumbu tengkleng kambing yang digunakan. Teman teman mungkin sedikit takut untuk mencobanya karena memang beredar mitos bahwa untuk mengkonsumsi resep masakan kambing memang harus berhati hati. Kali ini saya juga akan menjelaskan beberapa fakta mengenai resep tengkleng kambing, bumbu bumbu yang diperlukan dan tips cara membuat resep masakan tengkleng yang benar supaya hasilnya enak lezat dan tidak berbau.

Resep Tengkleng Solo merupakan Resep Masakan Indonesia yang berkuah sedikit kental dan menggunakan jeroan, iga atau bagian daging kambing yang masih ditempeli tulang. Dari tampilannya, banyak yang mengira resep tengkleng kambing ini adalah gule kambing. Hal ini memang tidak bisa disalahkan karena memang kalau dilihat sepintas memang sangat mirip walaupun bahan utama yang digunakannya memang beda. Kalau gule kambing sebagian besar menggunakan daging dengan tambahan santan kental. Sedangkan resep tengkleng ini menggunakan bahan baku utama iga kambing dan ditambhan dengan jeroan kambing. Santan yang digunakan juga sangat sedikit dan encer bahkan ada beberapa macam resep yang tidak menggunakan bahan santan sehingga kuahnya kelihatan lebih encer daripada gule kambing.

Cara membuat tengkleng kambing khas Solo memang bisa dibilang susah susah gampang. Terutama buat menghilangkan bau khas kambingnya yang biasanya ikut mucul di aroma masakan kambing yang kita buat. Solusinya adalah daging kambing yang akan dimasak tidak perlu dicuci. Cukup direbus sebentar sampai mendidih dan buang kotoran yang mengambang setelah itu angkat dan ganti airnya dengan yang baru. Untuk resep tengkleng kambing kali ini kita menggunakan santan encer sehingga hasilnya sedikit lebih cerah warnanya. Tetapi kalau teman teman suka dengan kuah yang sedikit kental, santan kental bisa ditambahkan sebagai bahan dan bumbu resep masakan tengklengnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan dan cara membuat tengkleng di bawah.

Resep tengkleng kambing khas Solo
resep tengkleng kambing spesial

Bahan bahan dan Bumbu Resep Tengkleng Kambing Solo

  1. Sesuai namanya, bahan utama yang digunakan adalah daging kambing yang ada tulangnya kurang lebih sebanyak 1 kg. Sebaiknya menggunakan daging iga kambing dan bisa dicampur juga dengan jeroan kambing.
  2. Santan cair kurang lebih sebanyak 1 liter saja.
  3. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 4 cm saja. Cuci bersih dan sikat kulit luarnya lalu pukul dan memarkan supaya aromanya lebih keluar.
  4. Batang serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 batang saja. Cuci bersih lalu memarkan supaya aromanya lebih harum.
  5. Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 4-5 pcs untuk menghilangkan bau dan membuat tengkleng kambingnya lebih harum.
  6. Lengkuas kurang lebih sepanjang 4 cm saja. Cuci bersih lalu memarkan supaya aromanya lebih keluar saat dimasak nantinya.
  7. Kayu manis ukuran sedang kurang lebih sebanyak 3 cm saja.
  8. Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  9. Cengkeh kering kurang lebih sebanyak 5 sampai 6 pcs saja.
  10. Kecap manis kental kualitas bagus secukupnya sesuai selera.
  11. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  12. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs saja. Kupas kulit luarnya lalu potong potong supaya mudah saat akan dihaluskan (bumbu halus).
  13. Kemiri yang sudah disangrai kurang lebih sebanyak 6 butir saja (bumbu halus).
  14. Pala kurang lebih sebanyak 1 biji saja (bumbu halus).
  15. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 11-12 siung saja. Kupas kulitnya lalu potong potong supaya mudah halus saat diuleg menjadi bumbu halus (bumbu halus).
  16. Kunyit ukuran sedang kurang lebih sepanjang 5-6 cm saja. Kupas kulitnya lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah dihaluskan (bumbu halus).
  17. Minyak goreng atau minya sayur secukupnya untuk menumis bumbunya.
  18. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 liter saja.

Cara Membuat Tengkleng Kambing Spesial dari Solo

  1. Cuci bersih semua bahan dan bumbu yang akan digunakan (kecuali daging kambing yang akan dimasak).
  2. Siapkan panci ukuran sedang besar dan masukkan air secukupnya atau sampai semua daging kambing terendam.
  3. Masukkan iga kambing yang akan digunakan dan rebus sampai mendidih beberapa saat (kurang lebih 5 menit dan tidak perlu dicuci sebelumnya karena akan merusak tekstur dan aromanya).
  4. Buang kotoran yang keluar dari rebusan diatas lalu angkat iga kambingnya.
  5. Buang kotoran dari rebusan pertama lalu masukkan air bersih kembali untuk merebus iga kambingnya.
  6. Masak dan rebus kembali daging kambing dan atau jeroan yang akan dimasak sampai empuk lalu angkat dagingnya.
  7. Sambil menunggu iga kambing diatas empuk haluskan bawang merah, kemiri yang sudah disangrai, kunyit, biji pala dan bawang putihnya. Sebaiknya dihaluskan dengan cara manual atau diuleg supaya aroma bumbunya benar benar keluar dan harum hasil tumisannya.
  8. Siapkan wajan penggorengan dan beri minyak secukupnya. Masak dengan api sedang kecil lalu masukkan jahe, lengkuas dan batang serai yang sudah dimemarkan. Aduk aduk sebentar.
  9. Masukkan daun jeruk, daun salam, cengkeh dan kayu manisnya lalu aduk aduk kembali.
  10. Masukkan bumbu resep tengkleng kambing yang sudah dihaluskan diatas sambil diaduk aduk lagi supaya semua bumbu tercampur rata dan tercium bau harum dari bumbunya.
  11. Masukkan iga kambing dan jeroan yang sudah empuk lalu aduk aduk sebentar supaya kedua bahan utama tersebut tercampur rata dengan bumbunya.
  12. Masukkan santan encernya lalu aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  13. Masukkan kecap manis dan garam dapur beryodium sesuai selera lalu aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  14. Masak sampai tengkleng solonya empuk lalu angkat (jangan lupa diaduk supaya santannya tidak pecah).

Selesai sudah cara membuat tengkleng kambing khas Solo. Ternyata cukup mudah bukan. Tidak ada salahkan kita membuat sendiri di rumah sebagai variasi hidangan untuk keluarga. Ditambah dengan taburan bawah merah goreng, beberapa cabai rawit merah buat hiasan dan nasi putih hangat beserta sambal kecap rawit, pasti semua anggota keluarga menyukai resep baru ini. Apalagi sebentar lagi Idul Adha dimana biasanya banyak pembagian daging kambing kurban. Memang kalau kita mengkonsumsi resep masakan daging kambing terlalu banyak dapat menimbulkan efek, seperti tekanan darah naik, terasa pusing di kepala dan lain lain. Tetapi resep tengkleng kambing ini juga banyak mengandung zat gizi baik yang juga dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti protein hewani yang berfungsi untuk perkembangan tubuh dan bermanfaat mengganti sel sel yang rusak. Jadi jangan takut ya untuk mencoba resep masakan tengkleng kambing khas Solo diatas. Untuk ide resep masakan kambing spesial Idul Adha yang lain, silahkan mencoba Resep Sop Kambing Enak Gurih Tanpa Bau atau Cara Mudah membuat Tongseng dengan Daging Kambing.

Loading...
Loading...